Jumat 05 Juni 2020, 19:18 WIB

Mahfud MD Ungkap Ada Dokter di Pulau Galang belum Terima Insentif

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Mahfud MD Ungkap Ada Dokter di Pulau Galang belum Terima Insentif

Antara
Sejumlah pasien covid-19 yang telah sembuh meninggalkan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (3/5).

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam Mahfud MD menyebut dokter dan petugas medis di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 (RSKI) Pulau Galang, Provinsi Riau, ada yang belum mendapat insentif.

Mahfud mengatakan dana untuk itu sudah dicairkan dua hari sebelum Hari Raya IdulfFitri. Namun karena mesti diteliti satu per satu dan memastikan agar tidak salah alamat, urusan administrasi menyebabkan tersendat.

“Kami akan segera sampaikan ke Jakarta tentang insentif yang belum diterima oleh para dokter dan tenaga kesehatan itu, semoga bisa segera ada kabar baik," ujar Mahfud dalam keterangan resminya saat mengunjungi RSKI Pulau Galang, Kamis (4/6).

Baca juga: Ini Dia RS Darurat Pulau Galang

Sejak beroperasi 13 April, Mahfud mengatakan tidak ada pasien covid-19 yang meninggal di RSKI Galang. Tinggal tersisa 49 pasien yang sedang dirawat. Mahfud mengatakan, penanganan pasien di RSKI covid Pulau Galang sudah baik.

"Ini jadi bukti pemerintah tidak main-main dalam mengatasi korona, karena meski baru terbangun bulan April, keputusan untuk mengadakan rumah sakit khusus covid ini diputuskan sejak tanggal 6 Februari 2020, sebelum di Indonesia ditemukan pasien positif pada 2 Maret," ujar Mahfud.

Baca juga: Menko Polhukam dan Mendagri Pantau Penerapan New Normal

Diketahui ada 276 personel gabungan yang terdiri dari 1 orang dari Puskes Mabes TNI, 64 orang TNI AD yang terdiri dari 6 dokter, 40 paramedis, 7 nonmedis dan 11 orang dekon. Lalu 22 orang dari TNI AL yang terdiri dari 2 dokter, 8 paramedis dan 12 orang nonmedis yang berjaga di RSD Galang.

Baca juga: 66 RW Zona Merah, Gerindra: Jangan Ada Lagi yang Nongkrong

Selanjutnya ada 20 orang dari TNI AU, yang terdiri dari 6 dokter, 12 paramedis, 2 orang nonmedis. Ada juga 5 personel dari Polri, yang terdiri dari 1 dokter, 2 paramedis dan 2 orang nonmedis. Dari Kementerian Kesehatan juga mengirimkan personel sebanyak 25 orang, terdiri dari 4 dokter dan 21 paramedis. Terakhir, ada 139 sukarelawan yang menjaga pasien covid-19 di RSD Galang.(X-15)

Baca Juga

123rf.com

Ini Istilah Baru Kasus Covid-19, Bukan ODP, PDP, dan OTG

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:45 WIB
Pemerintah memutuskan untuk mengganti penggunaan istilah ODP, PDP, dan OTG menjadi Kasus Suspek, Probable, Konfirmasi, Kontak Erat, Pelaku...
MI/SUSANTO

Dukung Kemenkes, Klinik SehatQ Sesuaikan Tarif Rapid Test

👤Dwi Tupani 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:32 WIB
"Mengacu pada kebijakan pemerintah, Klinik SehatQ pun kini menawarkan harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat untuk menjalani...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Wapres Harap Vaksin Covid-19 Segera Tersedia

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 11:38 WIB
Vaksin dan obat yang masih diteliti menyebabkan angka kasus penderita dan kematian akibat covid-19 terus meningkat di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya