Jumat 05 Juni 2020, 19:05 WIB

Rerie: Perketat Protokol Kesehatan di Trasportasi Publik

Putri Rosmalia Octaviyani | Megapolitan
Rerie: Perketat Protokol Kesehatan di Trasportasi Publik

MI/ BARY FATHAHILAH
Penerapan protokol kesehatan di stasiun KRL untuk mencegah penularan covid-19

 

PENERAPAN protokol kesehatan yang ketat wajib diberlakukan di sejumlah moda transportasi publik seperti MRT, commuter line, bus, dan angkutan kota. Hal dianggap mutlak dilakukan agar kenormalan baru tidak kembali menimbulkan penyebaran covid-19.

"Moda angkutan massal berpotensi jadi pemicu penyebaran covid-19 yang datang dari luar Jakarta maupun antarwilayah di Jakarta, bila penumpang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan dan tertib jaga jarak," ujar Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/6).

Lestari menegaskan, strategi teknis untuk menerapkan jaga jarak antarorang di area publik yang rawan kerumunan. Seperti di stasiun kereta, MRT dan halte bus, harus dijalankan dengan ketat.

"Untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan, sebisa mungkin dilakukan simulasi terlebih dahulu untuk menerapkan strategi jaga jarak di area publik, sebelum diaplikasikan pada kondisi sebenarnya," ujarnya.

Di stasiun kereta misalnya, tambah Lestari, serbuan para pekerja di pagi hari berpotensi memicu kerumunan orang, karena di dalam kereta commuter line diberlakukan pembatasan jumlah penumpangnya hanya 50 persen dari kapasitas kereta.

Menurut Rerie, kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan dan menjaga jarak di area publik tidak bisa ditawar lagi di masa transisi ini.

"Jangan sampai kelalaian kita malah memicu munculnya penyebaran virus klaster masjid A, klaster gereja B, klaster stasiun A atau klaster halte B," ujarnya.

Lestari menegaskan, lalai terhadap aturan di masa transisi berpotensi mengembalikan kondisi kita ke awal pandemi. "Sebuah kondisi yang memprihatinkan yang tidak boleh terjadi," ujarnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

SIKM Ditiadakan, Warga Jakarta Diminta Isi Aplikasi CLM

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:15 WIB
Kemudian, lanjut Syafrin, mesin akan memberi jawaban terkait aman atau tidak warga untuk melakukan...
MI/Pius Erlangga

Negatif Korona, 47.650 WNI Repatriasi Dipulangkan ke Daerah Asal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:11 WIB
WNI yang dipulangkan tersebut merupakan pekerja migran Indonesia dan awak anak buah kapal (ABK) dari kapal berbendera...
AFP

Ada Staf Positif Covid-19, Kegiatan DPRD DKI Dihentikan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 13:33 WIB
Meski kegiatan DPRD DKI Jakarta dihentikan sementara waktu, namun gedung tidak ditutup total. Adapun staf sekretariat yang positif covid-19...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya