Jumat 05 Juni 2020, 18:06 WIB

Masyarakat Harus Siap Ubah Kebiasaan Selama New Normal

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Masyarakat Harus Siap Ubah Kebiasaan Selama New Normal

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Tenant di sebuah pusat perbelanjaan mempersiapkan tokonya untuk buka di fase new normal

 

PANDEMI Covid-19 memaksa masyarakat mengubah kebiasaan yang lama menjadi baru dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dihampir seluruh lini aktivitas. Sudah 13 minggu warga Jakarta berkelut dengan pembatasan aktivitas.

Saat ini warga di Ibu kota menjalani pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan masa transisi menuju kenormalan baru. Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati menilai mau tidak mau warga harus mematuhi kebijakan pemerintah derah di masa PSBB transisi.

"Masyarakat harus siap dengan perubahan yang dramatis. Ini bukan soal warga atau pemerintah yang menentukan, tapi penyebaran virus ini. Buat pemerintah sih ini pukulan berat karena menyangkut ekonomi," kata Devie saat dihubungi Media Indonesia, Jakarta, Jumat (5/6).

Ia menegaskan apabila dengan adanya pelonggaran aktivitas tapi justru kasus Covid-19 meningkat, maka pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta jangan segan menutup kembali aktivitas atau tempat-tempat umum.

Baca juga : Kunci Kenormalan Baru itu Cuma Disiplin Diri

"Kita harus siap mundur lagi, karena riset Spanish Flu bilang negara-negara yang secara ekonomi siap lepas landas setelah pandemi selesai justru negara yang secara disiplin mengisolasi dirinya dibandingkan negara yang tidak serius memperketat pergerakan warganya," jelas Devie.

Penerapan tegas itu bisa dipraktekkan ketika warga mengunjungi mal di Jakarta pada 15 Juni mendatang. Bakal ada antrean di pintu masuk untuk mengukur suhu tubuh. Hal itu, kata Devie bisa saja membuat warga yang tadinya bersemangat akan males karena melihat antrean yang panjang untuk masuk ke mal.

Kultur baru mengantre itu nanti akan kerap ditemui warga. Jika, ada aparat atau petugas yang hadir secara nyata untuk persuasif mengingatkan terus,, Insyaalalh pelan-pelan masa transisi ada hasilnya," pungkas Devie. (OL-7)

Baca Juga

Dok Instagram @zkdlin

Kai Exo Siapkan Debut Solo

👤MI 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 07:05 WIB
SM Entertainment, agensi yang menaungi band Korea EXO, mengonfirmasi salah seorang personelnya, Kai, 26, bakal melakukan debut...
Medcom.id/Syah Sabur

Pasien Covid-19 Berisiko Terinfeksi DB

👤Ata/X-7 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 05:48 WIB
Untuk itu di tengah pandemi covid-19, angka kasus DB harus ditekan. Masyarakat harus bergerak membasmi nyamuk dan sarangnya paling tidak...
MI/Sumaryanto Bronto

Kla Project Single setelah Satu Dekade

👤MI 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 04:50 WIB
GRUP musik KLa Project mengeluarkan karya baru, Kita Kan Bisa, single pertama mereka sejak hampir satu dekade...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya