Jumat 05 Juni 2020, 17:20 WIB

Kampus USU Bersiap Masuki Kenormalan Baru

Yoseph Pencawan | Humaniora
Kampus USU Bersiap Masuki Kenormalan Baru

Antara
Seorang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) mengerjakan soal Ujian Tengah Semester (UTS) daring dari rumah

 

KENDATI berada di Kota Medan yang masih berstatus zona merah penularan Covid-19, namun Universitas Sumatera Utara (USU) sedang memersiapkan sistem dan lingkungan kampus yang sesuai dengan skenario kenormalan baru atau new normal.

Hal itu diketahui dari agenda kunjungan para pimpinan Rektorat USU ke fakultas-fakultas dan fasilitas akademis mereka. Rektor USU  Runtung Sitepu telah mendatangi mendatangi Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keperawatan dan Fakultas Kehutanan, pada Kamis (4/6).

Ia  memeriksa kesiapan fasilitas pendukung terselenggaranya protokol Covid-19 di masing-masing fakultas. Khususnya pada bagian ruang pimpinan, ruang dosen dan penyelenggaraan administrasi umum.

"Ini untuk memberikan proteksi kesehatan yang memadai bagi setiap pegawai, pimpinan dan dosen saat bekerja," katanya dalam keterangan resmi yang diterima mediaindonesia.com, Jumat (5/6).

Dijelaskan, sama seperti perkantoran lain, dalam implementasi skenario new normal, terdapat beberapan kelengkapan yang harus dimiliki oleh fakultas. Di antaranya tempat cuci tangan, hand sanitizer, thermo gun, masker, face shield, flyer/rambu-rambu new normal dan masker.

Kemudian memberlakukan pengaturan jarak kursi dan meja kerja maupun kursi dan meja rapat serta sarana lain yang difungsikan untuk berkomunikasi antar pekerja maupun untuk layanan publik. "Kami akan memenuhi kelengkapan-kelengkapan tersebut di seluruh fakultas, lembaga dan fasilitas kampus," ujarnya.

Pada hari dan waktu yang sama, peninjauan juga dilakukan oleh para pimpinan rektorat yang lain. Wakil Rektor I Rosmayati meninjau Fakultas Pertanian, Fak. Psikologi, Fak. Farmasi dan Pusat Bahasa USU.

Wakil Rektor II Muhammad Fidel Ganis Siregar meninjau Fakultas MIPA, Rumah Sakit USU, Unit Manajemen Mutu dan Pusat Sistem Informasi USU. Sementara Wakil Rektor III Mahyuddin KM Nasution meninjau Fakultas Kesehatan
Masyarakat, Fak. Ilmu Budaya, Fak. Teknik dan FISIP.

Baca Juga: Pasien Positif 29.521, 6 Provinsi Nihil Kasus Baru Covid-19

Lalu, Wakil Rektor IV Bustami meninjau Fakultas Kedokteran, Fak. Kedokteran Gigi, Fak. Ilmu Komputer dan teknologi informasi serta Pascasarjana USU. Sementara Wakil Rektor V Luhut Sihombing meninjau Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU, Gedung Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Masyarakat serta Perpustakaan USU.

Untuk menghadapi implementasi New Normal, lanjut Runtung, Rektorat USU juga akan menginstruksikan fakultas untuk membentuk Tim Covid-19 yang akan bekerja memantau efektivitas kinerja dan kesehatan pegawai dan selama berlakunya new normal. "Tim itu bertugas memastikan protokol kesehatan yang dilakukan sudah memenuhi standar," imbuhnya.

Adapun proses perkuliahan, Runtung mengatakan sampai saat ini belum ada perubahan. Mahasiswa dan dosen masih tetap melakukan kuliah daring sampai kondisi kondusif untuk melaksanakan kuliah tatap muka.

Untuk kegiatan kerja pada masa new normal mereka akan memberlakukan sistem shift atau penggiliran masuk kerja dan hanya bagi pegawai yang berusia paling tinggi 45 tahun. Sementara pegawai dengan usia di atas 45 tahun diperbolehkan untuk bekerja dari rumah . (OL-13)

Baca Juga: Heboh Harimau Masuk ke Kampus Unsri, Gubernur Sumsel: Ilusi Itu

Baca Juga

Antara/Fauzan

Pemerintah Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:39 WIB
Nantinya, sanksi pelanggar protokol kesehatan diatur dalam instruksi presiden. Bentuk sanksi turut membertimbangkan usulan dari pemerintah...
Antara

Keterpaparan Covid-19 Jabar 4%, RK Bandingkan dengan Daerah Jiran

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:38 WIB
Di luar itu, menurutnya, kondisi di Jawa Barat sudah masuk ke kategori baik dan...
AFP/Adek Berry

Banggar Ungkap Serapan Rendah Hingga Kenakalan RS soal Covid-19

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:31 WIB
Serapan yang rendah disinyalir lantaran kurangnya koordinasi antara Kemenkes dengan Gugus Tugas, pun ada temuan kecurangan dari RS terkait...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya