Jumat 05 Juni 2020, 17:10 WIB

Dianggap Efektif, Ombudsman Minta SIKM Tetap Ada Selama Transisi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Dianggap Efektif, Ombudsman Minta SIKM Tetap Ada Selama Transisi

MI/Pius Erlangga
Pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk bagi penumpang yang tiba di Stasiun Gambir Jakarta oleh petugas gabungan

 

Kepala Ombudsman Perwakilan Jakarta Teguh P Nugroho berpendapat selama masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kebijakan soal Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) tetap perlu dihadirkan.

Ia menilai kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu cukup sukses menekan arus balik Lebaran 2020. Adanya kebijakan tersebut membuat warga tidak bisa sembarang keluar dan masuk ke luar daerah.

“Sejauh ini, penerapan kebijakan SIKM terbukti efektif dalam membatasi masyarakat keluar masuk wilayah Jakarta. Kebijakan SIKM perlu dilanjutkan baik dalam PSBB Transisi hingga angka transmisi covid-19 berada di kurva terendah," ungkap Teguh dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (5/6).

Ombudsman menyebut para petugas telah berhasil membagi wilayah kerja dan kewenangan dengan cukup baik. Misalnya Satpol PP yang bertugas untuk melakukan pengecekan SIKM, lalu TNI dan Polri bertugas untuk meminta pengendara tanpa membawa SIKM untuk putar balik.

Baca juga: 72 Pendatang Tanpa SIKM DKI Dikarantina di GOR Pulogadung

"Kerja sama seperti ini menjadi model bagi proses pengawasan masyarakat saat Jakarta melakukan pelonggaran nanti. Tentu akan lebih efektif jika disertai dengan perangkat hukum yang lebih memadai seperti Perda," terang Teguh.

Polri, lanjutnya, telah merumuskan cara bertindak yang telah dipahami oleh anggotanya di lapangan agar dalam pelaksanaan tugas tidak menggunakan kekerasan, mengedepankan sikap humanis dan persuasif.

Pengawasan oleh internal Polri itu, sebut Teguh, diperlukan untuk menghindari adanya penjatuhan sanksi oleh anggota Polri di luar ketentuan. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) dan mencegah maladministrasi berupa tindakan sewenang-wenang. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Risky Andrianto

Dilaporkan Mantan Istri, Vicky Prasetyo Ditahan di Rutan Salemba

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:34 WIB
"Kasus laporan Angle Lelga katanya Vicky melakukan perbuatan tidak menyenangkan dan fitnah," kata kuasa hukum Vicky, Ramdan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

65% Pasien Positif Covid-19 di Jakarta Sembuh, 5% Meninggal Dunia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:15 WIB
Sampai dengan hari ini kami laporkan, 405 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.379 orang melakukan self isolation di...
AFP/Brent Stirton

Ada Konser Drive-In, Ini Protokol Medis yang Disiapkan Promotor

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:13 WIB
Berlian Entertainment bekerja sama dengan pihak ketiga yakni Safety World untuk menangani teknis penerapan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya