Jumat 05 Juni 2020, 01:15 WIB

Salat Jumat Perdana Disiapkan

MI | Humaniora
Salat Jumat Perdana Disiapkan

ANTARA
Pelaksanaan salat Jumat

 

SEJUMLAH masjid di Tanah Air bersiap menyambut kedatangan umat Islam yang akan melakukan salat Jumat pertama kali, hari ini, setelah dilonggarkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Presiden Joko Widodo berkeliling di dalam Masjid Baiturrahim Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin, untuk memastikan semua hal yang dibutuhkan telah tersedia. “Kita harap nanti, bila salat Jumat sudah dimulai lagi, Masjid Baiturrahim sudah siap untuk menggelar ibadah di
masa kenormalan baru,” ujar Jokowi.

Demikian juga dengan Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Jusuf di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang bersiap menggelar salat Jumat secara berjemaah setelah 12 kali Jumat tidak dilakukan. Sesuai protokol covid-19, pengelola masjid telah menyiapkan sejumlah aturan untuk para jemaahnya.

“Wajib mengenakan masker, membawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak dalam saf. Disarankan pula setiap jemaah yang kembali ke rumah masingmasing agar langsung cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir,” ucap Ketua Umum Yayasan Islamic Center Al Markaz Al Islami Prof Basri Hasanuddin.

Dalam pelaksanaannya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Yusnar Yusuf menyampaikan pelaksanaan salat Jumat hanya boleh dilakukan satu gelombang. Hal itu mengacu pada Fatwa Nomor 5 Tahun 2000 tentang Hasil Musyawarah Nasional MUI.

“Salat Jumat dua gelombang (lebih dari satu kali) di tempat yang sama pada waktu yang berbeda hukumnya tidak sah,” kata Yusnar saat membacakan Taujihat MUI, kemarin.

Dalam surat edarannya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah justru sebaliknya, yakni mengizinkan salat Jumat lebih dari satu sesi. Namun, baik MUI maupun Muhammadiyah, mereka sepakat perlunya diperbanyak lokasi salat Jumat untuk menampung jemaah ketika jarak fisik diterapkan. Bukan hanya di masjid, melainkan juga musala, aula, gedung olahraga, atau stadion. (Pra/Bay/LN/H-2)

 

Baca Juga

DOK KEMENDIKBUD

Program Merdeka Belajar Episode 5 Fokus Bentuk Guru Penggerak

👤Gana Buana 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 10:07 WIB
Direktur Jenderal GTK, Iwan Syahril, menjelaskan proses pendidikan dan penilaian Guru Penggerak berbasis dampak dan...
Antara

Guru Penggerak Diprioritaskan Jadi Kepala Sekolah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 10:05 WIB
Guru Penggerak merupakan program pelatihan, identifikasi, pembibitan calon pemimpin-pemimpin pendidikan atau agen perubahan di masa...
Dok Instagram @zkdlin

Kai Exo Siapkan Debut Solo

👤MI 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 07:05 WIB
SM Entertainment, agensi yang menaungi band Korea EXO, mengonfirmasi salah seorang personelnya, Kai, 26, bakal melakukan debut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya