Kamis 04 Juni 2020, 21:36 WIB

APSSI: Butuh Persiapan 2 Bulan untuk Lanjutkan Kompetisi

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
APSSI: Butuh Persiapan 2 Bulan untuk Lanjutkan Kompetisi

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Yeyen Tumena

 

KETUA Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) Yeyen Tumena mengatakan butuh persiapan selama dua bulan bagi klub sebelum melanjutkan kompetisi Liga 1 dan 2.

Liga 1 dan 2 telah ditunda sejak Maret dan PSSI menyebut klub telah sepakat melanjutkan kompetisi pada Oktober.

Yeyen mengatakan dua bulan adalah waktu yang ideal untuk mengembalikan kebugaran dan sentuhan pemain yang telah absen berlatih secara tim selama hampir tiga bulan. Ia merinci selama enam pekan diperlukan untuk mengembalikan kebugaran dan sentuhan para pemain. Lalu, dua pekan digunakan untuk memadukan tim guna menghadapi kompetisi dengan menggelar uji coba.

"Sesuai ilmu dan pengalaman yang kami miliki butuh persiapan selama 2 bulan. Preseason selama 6 minggu, dan ada pramusim dengan turnamen atau uji coba yang biasanya 2 minggu," kata Yeyen, ketika konferensi pers virtual, Kamis (4/6).

Dengan mengetahui waktu persiapan ini, maka Yeyen bisa menjadi acuan kapan klub dan pemain akan kembali menjalani aktivitas. Ia mengaku telah menyampaikan usulan ini kepada PSSI menyerahkan keputusan kapan kompetisi akan bergulir.

"Bagaimana formatnya dan kapan kompetisi dimulai September atau Oktober PSSI yang menentukan," ungkap Yeyen.

Lebih lanjut, Yeyen mengatakan pihaknya mendukung langkah PSSI untuk melanjutkan kompetisi. Ia mengatakan PSSI dapat meniru langkah Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris yang kembali menggulirkan kompetisi, meski melalui wabah covid-19 yang lebih parah dari Indonesia.

"Jerman, Spanyol, Italia, kita lihat data, kasus covid-19 lebih besar dari kita kenapa mereka bisa melakukannnya? Ini menjadi tantangan bagi kita, sepak bola Indonesia juga harus mencari jalan keluar sendiri dan menghidupi keluarga sepak bola," ungkap Yeyen. (OL-4)

Baca Juga

AFP/Fabrice COFFRINI

Manchester City Menang Banding di CAS, UEFA dalam Tekanan

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 14 Juli 2020, 11:29 WIB
UEFA melalukan investigasi hanya berdasarkan serangkaian artikel dari Der Spiegel pada November 2018 yang menuding klub Liga Primer Inggris...
Twitter @FCBayern

Sane Telah Berlatih di Bayern

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 14 Juli 2020, 10:56 WIB
Suele dan Sane berlatih untuk mengembalikan kebugaran mereka setelah keduanya absen beberapa bulan karena cedera...
AFP/PETER POWELL

Solskjaer Akui MU tidak Pantas Menang Kontra Southampton

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 09:35 WIB
MU harus puas bermain imbang 2-2 saat menjamu Southampton setelah Michael Obafemi mencetak gol penyeimbang di masa injury time babak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya