Kamis 04 Juni 2020, 18:40 WIB

Dampak Covid-19, Olimpiade Tokyo Digelar Sederhana

Akmal Fauzi | Olahraga
Dampak Covid-19, Olimpiade Tokyo Digelar Sederhana

AFP/KAZUHIRO NOGI
Gubernur Tokyo Yuriko Koike

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan ada opsi untuk menyederhanakan gelaran Olimpiade sebagai dampak dari pandemi virus covid-19. Penyelenggara acara olahraga sejagad itu juga telah membahas sejumlah kemungkinan perubahan yang ditetapkan.

Beberapa opsi yang diusulkan dalam penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur hingga tahun depan itu di antaranya adalah menyederhanakan upacara pembukaan dan jugaterkait dengan jumlah penonton.

Harian Yomiuri Shimbun mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya menyebut bahwa tes virus covid-19 akan dilakukan pada semua orang termasuk atlet, pejabat, dan penonton.

"Prioritas utama adalah menghindari skenario terburuk pembatalan Olimpiade," kata sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya kepada harian Yomiuri Shimbun.

Baca juga: NBA Musim ini Hanya Diikuti 22 Tim

Juru bicara Tokyo 2020, Masa Takaya menolak untuk menjelaskan ihwal rencana penyederhanaan tersebut. Dia hanya mengatakan masih dalam tahap diskusi.

"Pada tahap ini kami tidak memiliki keputusan yang pasti," kata Takaya.

Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengatakan bulan lalu bahwa penundaan Olimpiade hingga 2021 adalah opsi terakhir. "Tidak ada penundaan selanjutnya jika kondisi tidak memungkinkan," lanjutnya.

Dia menolak untuk mengatakan apakah vaksin merupakan syarat agar Olimpiade terus bisa dilaksanakan.

Pada Maret lalu, IOC dan Pemerintah Jepang memutuskan menunda Olimpiade Tokyo 2020 yang seharusnya digelar pada Juli mendatang. Penundaan dilakukan akibat pandemi covid-19.

Olimpiade 2020 rencananya akan berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus. Lalu Paralimpiade 2020 diselenggarakan dua pekan selanjutnya, yaitu 24 Agustus hingga 5 September. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Oli Scraff

Praveen/Melati Susah Payah Lewati Hafiz/Gloria

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 02 Juli 2020, 22:18 WIB
Praveen/Melati masih cukup tangguh melawan pesaingnya yang menghuni peringkat delapan dunia meskipun harus bekerja keras selama 53...
Dok PBSI

Rinov/Pitha Amankan Tiket Semifinal

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 02 Juli 2020, 20:44 WIB
Kedua pasangan itu sempat bertemu di babak penyisihan grup C di sesi pagi. Rinov/Pitha harus bekerja keras memenanangkan pertandingan...
Antara/Asep Fathulrahman

Zacky Anwar Ditunjuk jadi Plt Ketua Umum PB PASI

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 02 Juli 2020, 20:02 WIB
Zacky Anwar Makarim yang juga purnawirawan Jenderal bintang 2 itu dianggap layak dan tepat sebagai Plt Ketua Umum PB PASI kepengurusan 2016...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya