Kamis 04 Juni 2020, 17:20 WIB

Transisi PSBB, DPRD DKI Harap Ada Penurunan Kurva Covid-19

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Transisi PSBB, DPRD DKI Harap Ada Penurunan Kurva Covid-19

Antara/Aprillio Akbar
Petugas melayani wisatawan membeli tiket masuk saat berlangsungnya simulasi normal baru di TMII, Jakarta

 

Meski ada pelonggaran bertahap aktivitas warga, Wakil Ketua DPRD DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik meminta warga untuk tetap patuh terhadap protokol covid-19. Dalam masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), satu per satu kegiatan atau tempat mulai berjalan kembali.

"Warga harus tetap disiplin. Saya kira itu jika warga disiplin, kurva covid-19 tidak naik," kata Taufik, Kamis (4/6).

Dalam masa transisi PSBB, kata Politikus Gerindra itu, pelonggaran memang dibutuhkan untuk memulihkan perekonomian yang terpuruk selama pembatasan. Namun, hal itu harus sejalan dengan pengawasan terhadap warga agar tidak terpapar covid-19 yang bisa menyebabkan terjadinya gelombang kedua penularan virus covid-19.

"Pilihannya kan kesehatan yang berdampak pada ekonomi sebab ekonomi memengaruhi betul kondisi warga Jakarta. Jadi, keduanya harus diperhatikan. DKI drop 55% (pendapatannya). Gak ada pembangunan. Oleh karena itu, kesehatan tetap diperhatikan," jelas Taufik.

Baca juga: Anak-anak dan Ibu Hamil Dilarang Masuk Taman Kreasi dan Ragunan

Secara perlahan, katanya, sektor-sektor usaha atau bidang lainnya dibuka dengan menerapkan protokol covid-19 yang ketat. Warga tidak boleh bebas beraktivitas dalam masa transisi kali ini.

"Sektor ekonomi secara perlahan mulai jalan. Pembatasannya tidak disetop. Cuma harus perhatikan protokol kesehatan. Misalkan kapasitas yang biasa 50 dipotong jadi 25. Begitu juga di tempat usaha makan. Meja makan diatur," kata Taufik.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menetapkan perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 4. Ini sekaligus menjadi masa transisi fase 1.

Sejumlah sektor dan kegiatan yang sebelumnya dilarang saat PSBB, akan kembali diizinkan selama masa transisi. Namun, Anies membagi pembukaan sejumlah sektor dalam beberapa termin. Tujuannya agar masa transisi berlangsung efektif dan pengelola dapat menyesuaikan protokol yang diwajibkan. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Tes Ulang di Dua Lab, 10 Karyawan RS Azra Negatif Covid-19

👤Dede Susianti 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 21:09 WIB
Manajemen Rumah Sakit Azra, salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kota Bogor, melakukan pemeriksaan intensif terhadap 10...
Antara

Rekor Kesembuhan, Sehari 558 Warga DKI Sembuh Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 20:10 WIB
Hingga 9 Agustus 2020, total pasien sembuh nasional sudah menembus 80.952...
Antara

Pemprov DKI Ancam Tutup Perusahaan Pelanggar Protokol Kesehatan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 18:37 WIB
Penambahan masa penutupan itu dilakukan, jika terbukti laporan dari karyawan di tempat kerjanya itu melanggar protokol atau menutupi kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya