Kamis 04 Juni 2020, 15:30 WIB

Akibat Pandemi, KTT Uni Eropa-Tiongkok Ditunda

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Akibat Pandemi, KTT Uni Eropa-Tiongkok Ditunda

AFP/Aris Oikonomou
Bendera Uni Eropa berkibar di depan markas besar Komisi Eropa.

 

UNI Eropa dan Tiongkok sepakat untuk menunda perhelatan konferensi tingkat tinggi (KTT) yang dijadwalkan pada September mendatang. Keputusan itu diambil lantaran mempertimbangkan pandemi covid-19.

Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengadakan pembicaraan telepon secara terpisah dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dan Presiden Dewan Uni Eropa, Charles Michel. Sebagaimana diungkapkan juru bicara Merkel, Steffen Seibert, melalui pernyataan resmi.

"Mereka sepakat karena situasi pandemi keseluruhan. Pertemuan tidak dapat terjadi pada waktu yang direncanakan dan akan ditunda," bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Uni Eropa Galang Dana 7,4 Miliar Euro untuk Perangi Covid-19

Seibert belum bisa memberikan informasi terkait penjadwalan ulang KTT Uni Eropa-Tiongkok. Jerman diketahui tuan rumah bagi pertemuan para pemimpin Uni Eropa dan Presiden Tiongkok di Leipzig pada 14 September.

Pertemuan itu bertujuan meningkatkan hubungan politik dan ekonomi antara blok beranggotakan 27 negara dan Tiongkok. Jerman akan mengambil alih kepemimpinan Uni Eropa selama enam bulan pada bulan depan.

Pandemi covid-19 telah menewaskan lebih dari 381.000 orang di seluruh dunia. Kasus positif covid-19 secara global bahkan hampir mencapai 6,4 juta orang. Lebih dari 2,7 juta pasien covid-19 berhasil sembuh. Data itu mengacu rilis Johns Hopkins University.(AA/OL-11)

Baca Juga

AFP/Jessica Taylor

Inggris Perluas Akses Kewarganegaraan Bagi Penduduk Hong Kong

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 03 Juli 2020, 16:35 WIB
Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan tawaran Inggris juga meluas ke tanggungan mereka yang berstatus...
AFP

AS Campuri Urusan Hong Kong, Tiongkok Siapkan Pembalasan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 03 Juli 2020, 16:09 WIB
Sebelumnya, Senat AS dengan suara bulat menyetujui sanksi keras terhadap pejabat Tiongkok dan polisi Hong Kong, setelah UU kemanan nasional...
AFP/MONIRUL BHUIYAN

Ratusan Gajah Afrika di Botswana Ditemukan Mati Misterius

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 03 Juli 2020, 14:55 WIB
Selama dua bulan terakhir, ratusan gajah Afrika di Botswana ditemukan mati secara misterius. Dilaporkan BBC, hal itu belum pernah terjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya