Kamis 04 Juni 2020, 11:04 WIB

Pemkab Dairi Salurkan 32.146 Paket Bantuan Sembako

Apul Iskandar | Nusantara
Pemkab Dairi Salurkan 32.146 Paket Bantuan Sembako

MI/Apul Iskandar
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu memberikan sambutan saat penyaluran bansos sembako dari Pemprov Sumatra Utara.

 

PEMERINTAH Kabupaten Dairi, Sumatera Utara mulai menyalurkan bantuan sosial sembako dari Pemprov Sumatra Utara untuk penanganan dampak covid-19. Ada 32.146 paket bantuan sembako  disalurkan kepada masyarakat terdampak covid-19 di 15 Kecamatan se Kabupaten Dairi. Penyaluran bantuan sembako dilaksanakan di halaman Gedung Olahraga (GOR) Kecamatan Sidikalang, dan dihadiri sejumlah pejabat.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan wabah virus korona tidak hanya menjadi persoalan bangsa Indonesia, tetapi sudah menjadi persoalan global. Akibat dampak Pandemi Covid-19 ini merontokan sendi-sendi kehidupan, baik ekonomi, sosial dan budaya.

"Kita patut bersyukur karena pemerintah tidak tinggal diam dalam pandemi Covid-19 ini, baik itu Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten," kata Eddy Berutu, Kamis (4/6).

Pemkab Dairi telah menetapkan pengalokasian penerima dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) khususnya penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Dairi kurang lebih 8000 Kepala Keluarga (KK).

"Bantuan itu diperuntukan bagi masyarakat miskin yang terdampak ekonomi dengan prioritas para lanjut usia, penyandang disabilitas dan masyarakat memiliki penyakit kronis. Serta masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah," sebutnya.

Jika diperhitungkan dari segi populasi penduduk, sebagian besar masyarakat Dairi sudah mendapatkan berbagai bantuan. Baik bantuan dari Kementerian Sosial berupa BST kepada 19.464 KK, BLT-DD kepada 16.872 KK untuk 161 desa.

"BST-Kelurahan kepada 3.918 KK di 8 kelurahan. Bantuan tersebut sebesar Rp600 ribu per KK. Diharapkan bantuan itu dapat meringankan beban masyarakat," harapnya.

baca juga: Masjid Al Aqsha Klaten Siap Gelar Salat Jumat Perdana

Kabupaten Dairi mendapat bantuan sosial berupa sembako sebanyak 32.146 paket yang berisikan, beras 10 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter dan 20 bungkus mie instan.

"Untuk bantuan yang sudah masuk dan diterima Pemkab Dairi melalui BPBD sebanyak 9.820 paket. Sehingga masih ada kekurangan sebanyak 22.326 paket yang nantinya dikirim secara bertahap oleh Pemprovsu ke Dairi," ujarnya. (OL-3)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Pasien Sembuh Covid-19 Harus Didukung

👤Martinus Solo 🕔Rabu 08 Juli 2020, 07:39 WIB
Empat pasien di Kota Sorong dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Saat di rumah, warga harus mendukung keberadaan...
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Warga Balikpapan Minta Bantuan Sembako Diganti Uang

👤Rudi Agung 🕔Rabu 08 Juli 2020, 07:31 WIB
Hasil temuan anggota DPRD Kota Balikpapan bahwa masyarakat penerima bansos sembako meminta agar bansos sembako diganti uang karena lebih...
MI/Adam Dwi

Dua PDP Covid-19 di Kaltim Meninggal Dunia

👤Rudi Agung 🕔Rabu 08 Juli 2020, 06:58 WIB
Dua pasien dalam pengawasan di Kalimantan Timur meninggal dunia. Keduanya memiliki penyakit bawaan dan terinfeksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya