Kamis 04 Juni 2020, 11:02 WIB

Cadangan Beras Babel Masih Alami Defisit

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Cadangan Beras Babel Masih Alami Defisit

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi beras Bulog.

 

Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menyebutkan, Bangka Belitung masih mengalami defisit cadangan beras hingga 79.144 ton, dari total kebutuhan cadangan beras 115.751 ton per tahun.

"Total kebutuhan cadangan beras Bangka Belitung sebanyak 115.751 ton per tahun, kita mengalami defisit 79.144 ton pertahun," kata Kepala Distan Babel. Juaidi. Kamis (4/6).

Defisit kebutuhan cadang beras ini, menurutnya salah satunya dipenuhi dari bulog dan sesuai dengan amanah permentan sebanyak 20%. "Cadangan ini harus dipenuhi oleh pemerintah sebanyak 89,24 ton," ujarnya.

Baca Juga:  Kementan Pantau Ketersediaan dan Distribusi Pangan di Daerah

Untuk menambah cadangan pangan, lanjut Juaidi, pihaknya akan mengambil beberapa langkah seperti meningkatkan kemampuan pasokan beras lokal dengan mendorong untuk produksi dengan tanam sebanyak dua kali.

"Meningkatkan produksi pangan lokal dengan dua kali tanam, seperti Desa Rias yang bahkan bisa tiga kali tanam," ungkap dia.

Dijelaskan Juaidi, pihaknya harus memastikan ketersediaan air, menjaga kekompakan petani, dan bekerja sama dengan offtaker (penjamin pembelian hasil panen). Jangan sampai saat panen petani bingung menjual hasil panennya.

Baca Juga: Kementan Jamin Kelancaran Distribusi Pangan

Ia menambahkan, kebutuhan konsumsi beras tiap kabupaten di Bangka Belitung ini berbeda-beda. Konsumsi beras paling tinggi yakni Kabupaten Bangka Barat sedangkan konsumsi beras terendah yaitu Kota Pangkalpinang. Untuk konsumsi beras per tahun rumah tangga sebesar 76.272 kg. Ini berdasarkan data Susenas Maret 2019.

"Kita harap dengan langkah ini, kita mampu membantu memenuhi dan menutupi defisit kebutuhan cadangan beras kita, khususnya saat kemarau di tengah pandemi Covid-19," ungkap dia. (RF/OL-10).

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawan

12 Ribu Alat Rapid Test Belum Tiba di Penajam Paser Utara

👤Rudi Agung 🕔Rabu 08 Juli 2020, 08:26 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara (PPU), Arnold Wayong mangatakan, sampai saat ini Pemkab PPU masih terus mempertanyakan...
MI/Widjajadi

ILWA Ajak Pemerintah Benahi Industri Kehutanan dan Furnitur

👤Widjajadi 🕔Rabu 08 Juli 2020, 08:18 WIB
Nilai total industri kayu dan furniture dunia adalah 2 triliun dolar Amerika/tahun. Angka itu kalau dihitung dalam rupiah  adalah...
MI/Denny Susanto

Pasien Korona Sembuh di Kalsel Capai 30%

👤Denny Susanto 🕔Rabu 08 Juli 2020, 07:51 WIB
Kalsel mencatat ada 120 orang pasien covid sembuh yang berasal dari sejumlah rumah sakit dan lokasi karantina. Terbanyak pasien sembuh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya