Kamis 04 Juni 2020, 09:41 WIB

Delapan Kali Terjadi Gempa di Aceh

Mediaindonesia.com | Nusantara
Delapan Kali Terjadi Gempa di Aceh

DOK BNPB
Warga keluar rumah dan menyaksikan adanya kerusakan bangunan akibat gempa di sesar besar Sumatra wilayah Aceh Kamis (4/6/2020)

 

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memonitor dampak pascagempa berkekuatan M 4,8 yang terjadi di Aceh, Kamis (4/6). Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) masih melakukan pendataan pascagempa tersebut. Gempa dirasakan masyarakat di Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar. Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat, yakni guncangan yang dirasakan di Sabang III MMI serta Banda Aceh dan Aceh Besar pada II MMI. BPBA melaporkan kerusakan di Sabang. Laporan sementara mencatat kerusakan rumah di daerah Kelurahan Paya, Kecamatan Sukajaya, Sabang. 

Mengkutip pernyataan Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, hasil monitoring BMKG hingga pukul 6.40 WIB sudah tercatat delapan kali aktivitas gempa. Aktivitas tersebut meliputi dua gempa pembuka atau gempa pendahuluan (foreshocks). Selanjutnya gempa utama (mainshock) dan kemudian serangkaian lima gempa susulan (aftershocks). 

Menurut Daryono, segmen sesar Aceh adalah salah satu segmen sesar aktif sehingga dapat terjadi akumulasi tegangan (stress) kulit bumi di bagian Utara Sesar Besar Sumatra. 

"Setelah Gempa Aceh 2004 tampak di zona segmen Sesar Aceh ini aktivitas gempanya relatif sepi dari gempa signifikan," demikian keterangan Daryono dalam pesan digital pada Kamis (4/6).

Ia juga mengatakan bahwa kondisi semacam ini dapat disebut sebagai seismic gap yaitu zona sepi gempa meski sesarnya aktif. Hingga satu saat di zona ini dapat terjadi gempa signifikan. Untuk itu segmen Aceh ini menjadi salah satu segmen sesar aktif yang patut diwaspadai. Gempa bumi yang terjadi pada pukul 05.31 WIB di wilayah Aceh dan Sabang berada pada koordinat 5,50 LU dan 95,33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Tenggara Banda Aceh pada kedalaman 10 km.

baca juga: Rob Landa Pantura Jateng, Protokol Covid Berlaku di Pengungsian

BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh pada informasi palsu. Pastikan sumber informasi dari institusi resmi seperti BNPB, BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh atau daerah. (OL-3)

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Warga Tegal Tidak Pakai Masker Diminta Baca Teks Pancasila

👤Supardji Rasban 🕔Minggu 05 Juli 2020, 11:06 WIB
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menemukan banyak warganya tidak memakai masker saat di luar rumah. Mereka dihukum membaca teks...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Irigasi Rusak, Babel Kerahkan Ratusan Pompa Air

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 05 Juli 2020, 11:01 WIB
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi mengaku masalah irigasi ini memang menjadi hal yang paling krusial untuk meningkatkan hasil...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

KLHK Tetapkan Dua Tersangka Aktor Intelektual Pembalakan Ilegal

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Juli 2020, 10:53 WIB
AL 37 dan HS 30. adalah dua tersangka yang memberi modal dan memerintahkan tiga orang untuk menebang kayu di sejumlah wilayah hutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya