Kamis 04 Juni 2020, 05:50 WIB

Penanganan Covid-19 Sarat Aroma Pilpres

Media Indonesia | Politik dan Hukum
Penanganan Covid-19 Sarat Aroma Pilpres

MI/MOHAMAD IRFAN
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

 

KEPALA daerah tampak berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam menangani pandemi virus korona (covid-19). Mereka tampaknya berupaya untuk meningkatkan elektabilitas pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kepala daerah yang dianggap berprestasi tentu punya kans menjadi calon presiden,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, kepada Medcom.id, kemarin.

Dia menyebut pandemi korona sebagai salah satu ujian cukup bagus untuk melihat kualitas calon pemimpin. Covid-19 sangat kompleks karena tidak hanya mengancam kesehatan, tapi berdampak pada sektor ekonomi dan sosial.

“Nah itulah panggung bagi mereka (kepala daerah) untuk menunjukkan yang punya kemampuan mengurai problem fundamental dari hulu hingga ke hilir dan mereka saling menunjukkan bahwa saya yang paling bisa mengatasi dengan baik,” ungkap Pangi.

Dia menyebut rivalitas sangat kentara terjadi antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sementara itu, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofi fah Indar Parawansa dianggap belum ikut dalam rivalitas tersebut secara intens.

“Mereka ingin terlihat berprestasi, menonjolkan bahwa saya yang paling bisa, sayalah pemimpin yang mempunyai problem solving, visioner, narasi, punya cita-cita, dan saya dianggap berhasil (menangani covid-19),” sebutnya.

Sepak terjang kepala daerah selama masa pandemi korona, kata dia, tentu akan menjadi penilaian dan perhatian partai politik (parpol) dalam menentukan sosok yang akan diusung dalam Pilpres 2024. Mereka yang dianggap cakap menjadi kepala negara karena mampu menangani pandemi virus korona dengan baik, hampir pasti akan menjadi incaran parpol.

“Kepala daerah yang dianggap berprestasi, punya rekam jejak yang bagus, dan memberikan kepuasan publik bagus, tentu akan direkomendasikan parpol,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Timur berharap adanya sinergi para kepala daerah untuk bersama-sama menangani pandemi covid-19, khususnya yang terjadi di daerah masing-masing.

“Wabah ini harus ditangani bersama dan semua pihak wajib bergotong royong,” ujar Wakil Ketua DPW NasDem Jatim Vinsensius Awey. Menurutnya, saat ini rakyat sudah menderita karena korona, sehingga tak boleh diperparah dengan tidak berseiringnya kebijakan dari pimpinan daerah. (Ant/P-3)

Baca Juga

MI/Mustain

Pengamat: Hukum di Indonesia Tidak Memihak Rakyat

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:47 WIB
Banyak peraturan bermasalah terlihat dipesan investor dan pengusaha. Dalam hal ini aturan dibuat negara untuk tidak memihak kepada...
MI/Fransisco Carolio

Polri Telah Periksa 30 Saksi dalam Kasus Joko Tjandra

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:09 WIB
Saksi-saksi yang dipanggil untuk dimintai keterangannya ialah saksi yang terlibat langsung, dan mendengar proses pembuatan surat jalan Joko...
MI/ Seno

Mahfud: Oligarki Picu Munculnya Kebijakan Koruptif

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 18:51 WIB
Akibatnya, banyak kebijakan yang muncul bernuansa koruptif yang hanya mengedepankan demokrasi prosedural...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya