Kamis 04 Juni 2020, 02:55 WIB

Penyaluran Bansos di Jabar Ditarget Selesa1 8 Juni

Bayu Anggoro | Nusantara
Penyaluran Bansos di Jabar Ditarget Selesa1 8 Juni

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat menyatakan telah menyalurkan bantuan sosial terhadap sekitar 900 ribu kepala keluarga (KK) yang masuk  kategori rawan miskin baru akibat pandemi virus korona (covid-19). Para penerima bantuan itu merupakan masyarakat yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah pusat dan kabupaten/kota, namun kini perekonomiannya terkendala penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Arifin Soedjayana mengatakan, pihaknya menargetkan 1,6 juta KK yang akan mendapat bantuan sebesar Rp500 ribu selama empat bulan itu. "Penyaluran bansos dari pemprov sudah hampir 900 ribu," katanya di Bandung, Rabu (3/6).

Dia mengakui adanya keterlambatan dalam penyaluran bantuan tersebut karena terkendala pendataan yang belum sempurna. Namun, menurut dia saat ini inventarisasi KK yang berhak menerima sudah selesai sehingga  penyalurannya pun akan segera rampung.

"Sekarang pendataan selesai. Insya Allah penyaluran selesai sesuai target. 8 Juni ini diharapkan sudah selesai semuanya," paparnya.

Selain untuk warga Jawa Barat yang sudah memiliki identitas penduduk setempat, dia memastikan bantuan sosial inipun akan diberikan bagi warga pemilik KTP luar Jawa Barat. "Pendatang juga akan diberi bantuan asal sudah terdata di RT/RW," ujarnya.

Dia menjelaskan, setiap KK penerima manfaat akan mendapatkan uang tunai Rp150 ribu dan sembako senilai Rp350 ribu yang terdiri dari beras, mie instan, gula, vitamin, dan telur. Ia juga memastikan beras yang diberikan kepada masyarakat ini merupakan kualitas premium dan bukan hasil impor.

Terkait ketersediaan pangan di Jawa Barat secara keseluruhan, menurutnya pun masih dalam kondisi aman. Dia mencontohkan, stok beras saat ini berada di angka 500 ribu ton sehingga aman untuk memenuhi kebutuhan empat bulan ke depan. (R-1)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

60% Kasus Covid-19 di Riau Adalah OTG

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:00 WIB
Dari total 243 kasus positif di Riau, sebanyak 60% merupakan orang tanpa gejala (OTG). Untuk menjaring kasus maka rapid test terus...
ANTARAFOTO/Basri Marzuki

Jalur Taweli-Toboali Sulteng Putus Tertimbun Longsor

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 11:20 WIB
Badan jalan di jalur Kebun Kopi  yang tertimbun material longsor tersebut saat ini sedang dalam pembersihan oleh instansi...
MI/Martinus Solo

KM Gandha Nusantara 15 Siap Layani Antarpulau Sorong

👤Martinus Solo 🕔Selasa 14 Juli 2020, 11:00 WIB
Untuk mempermudah masyarakat  di pulau-pulau dapat bepergian ke Kota Sorong, KSOP Sorong berinisiatif menyediakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya