Kamis 04 Juni 2020, 01:50 WIB

UGM masih akan Terapkan Perkuliahan Daring

Ardi Teristi | Nusantara
UGM masih akan Terapkan Perkuliahan Daring

Ist
Kampus UGM

 

UNIVERSITAS Gadjah Mada (UGM) mengkaji kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam proses belajar tatap muka di Tahun Ajaran 2020/2021. Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM, Dr Hatma Suryatmojo menuturkan perkuliahan di semester ganjil yang akan dimulai September mendatang masih akan dilakukan secara daring hingga pertengahan semester.

"Perkuliahan akan mulai beralih ke pembelajaran tatap muka jika kondisi  sudah memungkinkan," kata dia, Rabu (3/6).

Untuk tahun ajaran 2020/2020, rencananya pada semester ganjil, selama setengah semester, pembelajaran masih dilakukan secara daring hingga ujian tengah semester (UTS). Setelah UTS, dosen dan mahasiswa harapannya sudah bisa masuk kelas. "Kalau kondisi tidak memungkinkan berarti satu semester akan secara penuh dilakukan daring," jelas dia.

Dalam pelaksanaan sistem perkuliahan lewat daring, lanjut Hatma, UGM sudah memiliki infrastruktur yang memadai. Sebelum merebaknya pandemi Covid-19, UGM telah memiliki fasilitas sistem perkuliahan daring di antaranya berupa elok.ugm.ac.id dan elisa.ugm.ac.id serta simaster.ugm.ac.id. untuk administrasi akademik.

"Di samping itu, setiap fakultas dan sekolah di UGM juga telah memiliki satuan tugas yang bertanggung jawab dalam mendukung pengembangan proses pembelajaran secara daring. “Jadi, kita sudah memiliki sistem pendukung di semua fakultas," terangnya.

UGM mulai menerapkan pembelajaran daring seiring dengan diberlakukannya pembatasan maksimal kegiatan di kampus sejak 23Maret lalu.

Dalam sebuah survei yang melibatkan ribuan mahasiswa dan dosen sebagai responden, sebanyak 80 persen mahasiswa mengutarakan, dosen telah mampu menyampaikan materi secara daring dengan kualitas yang serupa dengan ketika kuliah dilaksanakan di dalam kelas. Sementara itu, sebanyak 60 persen dosen juga mengaku telah cukup familiar dengan sistem pembelajaran daring. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Pasar Wage Disemprot Disinfektan, Pedagang Jalani Tes Usap

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 14 Juli 2020, 14:10 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein akan tegas menindak pedagang yang tidak menaati protokol...
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.

Hakim Pengadilan Negeri Bandung Tolak Eksepsi Sunda Empire

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:40 WIB
Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat meminta agar majelis hakim menolak nota keberatan kuasa hukum Sunda...
Antara/Makna Zaezar

Stok Darah di Banjarmasin Kosong

👤Denny Susanto 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:30 WIB
Palang Merah Indonesia Kota Banjarmasin melaporkan kondisi stok darah yang mengalami kekosongan sejak beberapa waktu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya