Kamis 04 Juni 2020, 01:40 WIB

Pemkab Lamongan Bersiap Menuju Kenormalan Baru

M Yakub | Nusantara
Pemkab Lamongan Bersiap Menuju Kenormalan Baru

AFP
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur sedang merumuskan rencana pemberlakukan era kenormalan baru (New Normal). Pengodokkan rumusan itu juga dilakukan pada masing sektor sehingga saat nanti diterapkan, semua perangkat kerja siap.

Salah satunya dengan mulai normalnya jam kerja Aparatur Sipil negara (ASN) di Pemkab Lamongan yang sebelumnya diterapkan sistem Work From Home (WFH). Bupati Lamongan Fadeli juga menginstruksikan untuk meningkatkan pelayanan publik mulai dari tingkat kabupaten hingga desa dilaksanakan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dalam rapat antara Bupati Lamongan dengan seluruh kepala perangkat daerah, Selasa (3/6), protokol kesehatana telah diterapkan. Peserta rapat wajib mengenakan masker, membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum masuk, dan ruang yang berkapasitas 600 itu hanya diisi kurang dari 50 persen.

"Mari kita tingkatkan pelayanan publik, mulai dari kabupaten hingga desa," kata Fadeli.

Maksimalkan lagi fungsi pelayanan publik, lanjut dia, dengan tetap menerapkan tatanan normal baru dalam disiplin kesehatan. Menurut dia,
pelayanan administrasi kependudukan sudah bisa dilakukan lewat media daring sehingga tidak harus bertatap muka.

"Untuk yang harus dilakukan dengan bertatap muka, seperti foto untuk KTP elektronik tentu wajib menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.

Ia menegaskan tidak ada kelonggaran dalam artian bebas seperti saat sebelum Covid-19. Disiplin kesehatan lebih ketat justru akan diterapkan. "Masyarakat kita, mayoritas, baik di kota maupun desa sudah sadar dan menerapkan protokol kesehatan ini. Jika ada yang tidak disiplin, harus ditertibkan dengan pendekatan humanis," imbuhnya. (R-1)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Pemkab Brebes Hentikan Proses Belajar Mengajar Tatap Muka

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:52 WIB
Penghentian uji coba KBM sudah dilakukan salah satu sekolah yang menjadi percontohan yakni SMP Negeri 2...
MI/Widjajadi

Pedagang Terinfeksi Covid-19, Pasar Ampel Ditutup 3 Hari

👤Widjajadi 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:30 WIB
Pemerintah Kabupaten Boyolali memutuskan menutup Pasar Ampel selama tiga hari, mulai Rabu (15/7)- Jumat (17/7). Pasar ditutup karena ada...
Antara

Unhas Sudah Prediksi sejak 2017 Banjir di Luwu Utara

👤Lina Herlina 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:25 WIB
BANJIR di Luwu Utara, yang menyebabkan korban jiwa, sudah diprediksi sejak 2017 oleh Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin (Unhas)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya