Kamis 04 Juni 2020, 01:30 WIB

Calon Jemaah Haji Sumenep Diberi Dua Opsi

Mohammad Ghazi | Nusantara
Calon Jemaah Haji Sumenep Diberi Dua Opsi

Thinkstock
Ilustrasi

 

KANTOR Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Jawa Timur, menyatakan calon jemaah haji (CJH) yang sudah melunasi BPIH dan batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini, akan diberi dua pilihan. Pertama, menarik dana pelunasannya atau menjadikannya tabungan dan mendapat manfaat dari tabungan tersebut.

Kepala Kemenag Sumenep, Ahmad Rifai, mengatakan dana pelunasan BPIH yang sudah disetorkan calon jemaah berada dalam rekening khusus yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). "Sifatnya menjadi tabungan yang dikelola secara syariah dan manfaatnya akan diterima jemaah saat akan berangkat, atau saat dana tersebut ditarik," kata Rifai, Rabu (3/6).

Ia menjelaskan, sejauh ini belum ada satupun jemaah yang menarik kembali dana pelunasannya akibat penundaan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Sebab, keputusan penundaan tersebut baru diambil dan calon jemaah dimungkinkan masih mempertimbangkan keputusannya. "Kami menilai masih dipertimbangkan apakah akan ditarik atau dijadikan tabungan," katanya.

Saat ini, jelas dia, Kemenag masih menyampaikan informasi pembatalan penyelenggaraan ibadah haji ke calon jemaah yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Penyampain informasi tersebut juga dilakukan melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

"Kami perlu menyampaikan informasi ini supaya alasan penundaan dipahami secara utuh dan diterima jemaah," katanya. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Pemkab Brebes Hentikan Proses Belajar Mengajar Tatap Muka

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:52 WIB
Penghentian uji coba KBM sudah dilakukan salah satu sekolah yang menjadi percontohan yakni SMP Negeri 2...
MI/Widjajadi

Pedagang Terinfeksi Covid-19, Pasar Ampel Ditutup 3 Hari

👤Widjajadi 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:30 WIB
Pemerintah Kabupaten Boyolali memutuskan menutup Pasar Ampel selama tiga hari, mulai Rabu (15/7)- Jumat (17/7). Pasar ditutup karena ada...
Antara

Unhas Sudah Prediksi sejak 2017 Banjir di Luwu Utara

👤Lina Herlina 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:25 WIB
BANJIR di Luwu Utara, yang menyebabkan korban jiwa, sudah diprediksi sejak 2017 oleh Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin (Unhas)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya