Rabu 03 Juni 2020, 22:41 WIB

Kualitas Pembelajaran Harus Jadi Perhatian saat Terapkan PJJ

Antara | Humaniora
Kualitas Pembelajaran Harus Jadi Perhatian saat Terapkan PJJ

Antara/Makna Zaezar
Pelajar melakukan belajar daring dari rumah selama pandemi Covid-19

 

PROSES pendidikan jarak jauh (PJJ) yang dilakukan saat pandemi Covid-19 harus diikuti jaminan pembelajaran agar bermutu.

Hal itu ditegaskan Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat dalam webinar "Pendidikan Jarak Jauh Sebagai Role Model Pembelajaran Utama Di Era New Normal" di Jakarta, Rabu.

"PJJ yang sesungguhnya harus ada penjaminan kualitas. Tanpa adanya jaminan kualitas, itu bukanlah pembelajaran daring atau PJJ. Itu hanya untuk situasi darurat seperti saat ini," ujar Ojat.

Dia menambahkan, PJJ hendaknya dirancang sedemikian rupa dan kontennya disusun oleh para ahli di bidangnya serta didukung oleh infrastruktur IT yang memadai.

"Berbeda dengan pendidikan pada saat situasi krisis, yang mana pembelajarannya daring dipersiapkan dalam waktu singkat, tidak semuanya nyaman, dan lemah dalam penjaminan kualitas," kata dia.

Baca juga : Hadapi New Normal, UI Menjadi Mitra Kemenhub

Ojat menjelaskan UT merupakan kampus yang berbasiskan PJJ, sehingga tidak memiliki kendala saat melangsungkan PJJ saat pandemi Covid-19.

"Materi-materi yang disediakan UT disusun dengan melibatkan para ahli d ibidangnya," kata dia lagi.

Ketua Umum dan Pengurus Pusat Ikatan Alumni UT (IKA-UT) Jenderal (Purn) Moeldoko mengatakan pendiri UT sangat visioner dengan memilih PJJ pada saat itu. Pada saat situasi krisis seperti pandemi Covid-19, baru dirasakan betapa pentingnya PJJ.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Aris Junaidi mengatakan, dalam penjaminan mutu merupakan hal yang penting dalam PJJ.

Pembelajaran daring atau PJJ merupakan alternatif metode pembelajaran modern. Untuk penjaminan mutu, tidak ada perbedaan perlakukan dalam proses penjaminan mutu antara pembelajaran daring dan pembelajaran luring atau tatap muka.

Sekjen IKA- UT Leles Sudarmanto mengatakan PJJ merupakan solusi pendidikan pada era new normal atau kenormalan baru. Oleh karenanya perguruan tinggi yang belum terbiasa melakukan PJJ harus mampu beradaptasi dengan baik agar dapat melakukan pembelajaran daring dengan baik. (Ant/OL-7)

Baca Juga

Instagram

Kunjungan Perdana, Menteri Siti Tengok Agroforestri di Majalengka

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 10:25 WIB
Sistem agroforestri diperuntukkan bagi petani yang menggarap lahan hutan milik negara, dengan syarat proses bercocok tanamnya harus...
Badan POM

Salep Zambuk juga Dipalsukan, Badan POM Peringatkan Masyarakat

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 09:55 WIB
Barang yang berstatus ilegal itu dinyatakan tidak terjamin keamanan, manfaat, dan...
Antara

Interaksi Sosial Anak Hilang kalau Belajar Daring Dipermanenkan

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 08:55 WIB
Rencana pembelajaran jarak jauh yang bakal dipermanenkan Mas Menteri Nadiem langsung menjadi bahan pembicaraan para...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya