Rabu 03 Juni 2020, 20:56 WIB

Menko Ungkap PSBB tidak Dicabut sampai WHO Cabut Status Pandemi

Usman Kansong | Politik dan Hukum
Menko Ungkap PSBB tidak Dicabut sampai WHO Cabut Status Pandemi

Antara
MENKO Perekonomian Airlangga Hartanto

 

MENKO Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan pemerintah tidak akan mencabut pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sampai badan kesehatan dunia atau WHO mencabut status pandemi virus korona atau covid-19.

"Kita tidak akan mencabut status PSBB sampai WHO mencabut status pandemi covid-19. Jadi sesuaikan dengan WHO," kata Airkangga dalam pertemuan virtual dengan pimpinan media, Rabu (3/6) malam.

Baca juga: H-1 PSBB Berakhir, Kasus Positif Covid-19 di DKI Capai 7.539

New normal, kata Airlangga, bukanlah pencabutan PSBB melainkan adaptasi. "Itu namanya adaptasi. Tidak ada cabut-mencabut," katanya.

Baca juga: Soal Anies Perpanjang PSBB di DKI Hingga 18 Juni: Hoaks

Adaptasi itu, ucap Airlangga, antara lain dengan memakai masker dan menjaga jarak. "Sederhananya adaptasi ya memakai masker dan jaga jarak," ujarnya.

Baca juga: PDIP: Jangan Artikan New Normal Kebebasan, Bisa Fatal

Airlangga menjelaskan new normal akan diterapkan secara bertahap disesuaikan dengan kesiapan sektor. "Sektor-sektor industri semisal Jababeka itu tidak ada masalah. Yang masalah cuma di Sampoerna Jawa Timur," kata Airlangga.

Baca juga: Habis PSBB, Ada PSBL

Perkebunan dan pertambangan, lanjut Airlangga, menjadi sektor yang pertama memasuki new normal. "Sektor perkebunan pasti siap menjaga jarak fisik dan sosial. Sektor pertambangan pun jauh dari permukiman warga," katanya. (X-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

KPK Tahan Tujuh Tersangka Suap Bupati Kutai Timur

👤Dhika kusuma winata 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 17:05 WIB
Terakhir, tim KPK membawa satu tersangka lagi ke Jakarta yakni pihak swasta bernama Deky Aryanto selaku rekanan Dinas Pendidikan Kutai...
DOK ISTIMEWA

NasDem Berikan Dukungan ke Irianto-Irwan Sabrie

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 14:57 WIB
Saat ini pasangan Irianto-Irwan Sabrie telah memenuhi syarat dengan mengantongi SK dari empat partai sebagai syarat atau di parlemen 7...
MI/WIDJAJADI

PA 212 Gelar Apel Siaga Besok, Wajib Taati Protokol Kesehatan

👤Antara 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 14:30 WIB
Yusri menuturkan petugas tingkat polres yang akan terlibat pengamanan karena peserta aksi hanya menggelar apel siaga dan tidak ada agenda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya