Rabu 03 Juni 2020, 20:05 WIB

Bertemu Jokowi, JK Bahas Soal PSBB DKI Jakarta

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Bertemu Jokowi, JK Bahas Soal PSBB DKI Jakarta

Antara
Ketua DMI Jusuf Kalla

 

KETUA Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo membahas pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta. JK menyampaikan ia berkonsultasi dengan Jokowi terkait kesiapan pelaksanaan kenormalan baru (new normal) di tempat ibadah.

Tak hanya sudah bertemu Jokowi, JK menyampaikan ia juga telah bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pembukaan masjid-masjid untuk melaksanaan ibadah berjamaah.

"Pertama (saya) melihat kesiapan untuk di Jakarta ini secara resmi, karena ada juga tak resmi, melaksanakan salat Jumat. Insya Allah lusa ini (Jumat) setelah saya Ketua DMI konsultasi dengan Presiden dan Gubernur DKI bahwa apabila DKI besok tidak memperpanjang PSBB maka berarti ada perbaikan signifikan di DKI dan daerah lain," ungkap JK di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Rabu (3/6) sore.

Baca juga :ICW Minta Kasus OTT Pegawai UNJ Ditindaklanjuti

Di Masjid Al-Azhar, JK melakukan salat ashar sekaligus memantau kesiapan pembukaan rumah ibadah menerapkan protokol kesehatan di masa kenormalan baru kelak. Menjelang berakhirnya PSBB besok, 4 Juni 2020, sejumlah masjid melakukan persiapan untuk pelaksanaan ibadah.

Meskipun masjid kembali boleh digunakan untuk melaksanakan ibadah salat, JK menekankan harus melaksanakan protokol kesehatan yang ekstra ketat. Di antaranya, menjaga jarak minimal 1 meter antar jamaah, memakai masker, membawa alas sholat masing-masing. Masjid juga wajib menyediakan fasilitas cuci tangan.

"Karena itu maka tempat-tempat umum itu dapat dibuka dengan syarat laksanakan protokol kesehatan yang ketat," ucap JK. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Sudah 1.280 Jemaah Minta Balik Setoran Pelunasan Haji

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 15 Juli 2020, 09:05 WIB
Sebanyak 1.230 jemaah sudah keluar Surat Perintah Membayar (SPM) dan mestinya sudah terkirim uangnya ke rekening...
MI/Vicky Gustiawan

MUI: Kurban tidak Bisa Diganti Uang atau Barang Lain

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:13 WIB
"Ibadah kurban tidak dapat diganti dengan uang atau barang lain yang senilai, meski ada hajat dan kemaslahatan yang dituju. Apabila...
Antara

Jatim Membara, Menkes Terawan Sampai Ngantor di Surabaya

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:05 WIB
Kebiasaan baru ini dimulai sejak Minggu, 12 Juli...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya