Rabu 03 Juni 2020, 19:10 WIB

Jalur Alternatif di Karawang Hindari Penyekatan di Tol Japek

Cikwan Suwandi | Nusantara
Jalur Alternatif di Karawang Hindari Penyekatan di Tol Japek

MI/Cikwan Suwandi
Penyekatan kendaraan menuju Jakarta oleh petugas kepolisian di tol Jakarta-Cikampek.

 

DALAM sepekan terakhir Jalan Badami-Loji dipadati kendaraan umum dan pribadi menuju Bekasi dan Jakarta. Jalur alternatif itu pun menjadi pilihan para pengendara untuk menghindari razia Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dalam Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Sejak jajaran Polda Metro Jaya, Pomdam Jaya, dan Satpol PP DKI melakukan penyekatan secara ketat terhadap kendaraan pribadi di Tol Japek Km 47 menuju Jakarta, banyak kendaraan yang berputar-putar di wilayah Karawang," kata Sekretaris Daerah Karawang, Acep Jamhuri kepada mediaindonesia.com, Rabu (3/6).

Dari informasi yang diterima Acep, sebanyak 4.500 unit kendaraan yang ditolak masuk ke DKI. Mereka diperintahkan putar balik dan ke luar gerbang tol Karawang Barat tanpa pemeriksaan/penerapan protokol kesehatan.

Hal itu berimplikasi terhadap situasi di Kabupaten Karawang. Namun, kendaraan itu bukan kembali ke kampung halaman, mereka memilih berputar-putar di wilayah Karawang menunggu petugas lengah atau mencari jalan alternatif."Kondisi serupa terjadi juga di wilayah Kabupaten Bogor dan Bekasi," tegas Acep.

Acep berharap ada campur tangan Pemerintah Pusat untuk mengatasinya. Dengan demikian, kebijakan Pemprov DKI tidak menimbulkan masalah bagi daerah penyangga.

"Karawang ini bisa dibilang lehernya menuju Jakarta. Harus ada sinergi antara Pemprov DKI dengan Pemprov Jawa Barat. Saya berharap kondisi kepadatan kendaraan ini jangan sampai berlarut-larut di Karawang," harapnya.

Sementara itu, Warga Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Asep Saepudin sangat mengeluhkan banyaknya bus-bus dari Jakarta yang masuk melalui Jalan Badami-Loji.

"Karena memang macet. Hampir setiap malam mereka melintasi jalan ini. Karena jalan ini memang kecil dan bukan untuk dilalui bus-bus umum," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga

DOK MI

Perawat Pasien Covid-19 di RSUD Nagan Raya Tuntut Kejelasan Upah

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 01:58 WIB
Salah satu penyebab aksi protes terkait upah yang dituntut sebesar Rp7,5 juta per bulan sesuai dengan Permenkes terkait upah/gaji perawat...
DOK MI

Pejabat Positif Covid, Pegawai Dinkes Aceh Besar Jalani Swab Test

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 01:47 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Besar terus merupaya memutus mata rantai penyebaran virus...
MI/Akhmad Safuan

Bupati Pemalang dan Dua Pejabat Sembuh dari Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 00:53 WIB
Junaedi melanjutkan dirinya sudah melakukan aktivitas seperti biasa. Ia mengaku segar bugar seperti pada saat dirawat di rumah sakit karena...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya