Rabu 03 Juni 2020, 10:01 WIB

Sidang Perdana Korupsi Jiwasraya Digelar Hari Ini

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Sidang Perdana Korupsi Jiwasraya Digelar Hari Ini

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Tersangka Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan, Rabu (6/5).

 

ENAM tersangka dugaan korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menjalani sidang pembacaan surat dakwaan hari ini. Sidang akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kemayoran.

"Sidang mulai jam 10.00 WIB," kata jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Agung Yadyn Palebangan, Rabu (3/6).

Enam orang tersangka yang akan diadili tersebut diantaranya Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro; Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat; dan Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013-2018 Hary Prasetyo.

Kemudian Direktur Utama Jiwasraya periode 2008-2018 Hendrisman Rahim; mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan; dan Direktur Utama PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto.

Baca juga: 5 Tersangka Kasus Jiwasraya Diadili

Yadyn belum membeberkan materi dakwaan yang akan dibacakan. Surat dakwaan diduga kuat menjelaskan fakta-fakta yang belum terungkap dalam kasus yang menjerat perusahaan pelat merah itu.

Keenam tersangka dijerat Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Mereka dinilai paling bertanggung jawab atas kerugian negara sebesar Rp16,81 triliun dalam kasus korupsi di Jiwasraya.

Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro juga terjerat kasus pencucian uang. Keduanya diduga melanggar Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) dan Pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 2010 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP. (A-2)

Baca Juga

Medcom.id

DPR Aklamasi Setujui Perppu Pilkada Jadi UU

👤Uta/P-3 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:42 WIB
Dengan disetujuinya perppu menjadi UU diharapkan semua pihak yang berkepentingan, khususnya penyelenggara pemilu dan jajaran pemerintah...
MI/ADAM DWI

Ribuan ASN Dukung Calon Independen

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:27 WIB
Dukungan yang diberikan melalui fotokopi KTP itu jelas menyalahi aturan hukum yang mengharuskan ASN menjaga netralitas dalam kontestasi...
MI/Soleh

Pembentukan Pansus Djoko Tjandra Berkembang

👤Uta/Rif/X-10 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:10 WIB
Saya baca suasananya seluruh anggota Komisi III yang sembilan fraksi itu semua sama menginginkan karena kita...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya