Rabu 03 Juni 2020, 09:34 WIB

Mulai Ajaran Baru, Sekolah Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Ferdinandus Rabu | Nusantara
Mulai Ajaran Baru, Sekolah Harus Ikuti Protokol Kesehatan

MI/Ferdinandus Rabu
Suasana belajar mengajar di sekolah di Kabupaten Flores Timur, NTT sebelum pandemi covid-19.

 

BUPATI Flores Timur, NTT mengeluarkan instruksi untuk dimulainya kembali proses belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Dalam instruksinya Bupati Flores Timur menginformasikan sesuai dengan kalender pendidikan, tahun pelajaran 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020.

Dalam instruksi tersebut Bupati juga mengimbau para kepala sekolah untuk mulai menyiapkan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan selalu  mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19. Termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua di sekolah serta dapat dilakuan melalui metode daring, atau luring (luar jaringan) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.

Kepala sekolah harus memastikan staf pengajarnya untuk melakukan analisis tumbuh kembang anak kelompok B pada jenjang TK, melakukan pengolahan nilai rapor bagi kelas 1 sampai kelas 5 untuk jenjang SD/MI dan kelas 7 sampai kelas 8 untuk jenjang SMP/MTs, serta penentuan kelulusan peserta didik kelas 6 jenjang SD/MI dan penentuan kelulusan peserta didik kelas 9 untuk jenjang SMP/MTs.

Dan setiap kepala sekolah melaporkan hasil instruksi tersebut kepada Bupati Flotim melalui Kepala Dinas Pendidikan,Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Flores Timur.

baca juga: Kabupaten Ciamis Lanjutkan PSBB Parsial di 6 Kecamatan

"Iya, beberapa waktu lalu bupati telah mengeluarkan instruski terkait tahun pelajaran 2020/2021 sebagai acuan untuk memulai proses belajar mengajar di sekolah. Dalam surat tersebut menginformasikan bahwa tahun pelajaran 2020/2021 akan dimulai kembali pada  13 Juli berdasarkan kalender pendidikan. Sehingga bagi setiap sekolah untuk mempersiapkan pola dan sisten PPDB. Proses pelaksanaan PPDB harus mengikuti protokol kesehatan. Dan bisa dilakukan secara online ataupun offline tergantung kemampuan sekolah masing-masing, yang penting tetap mengikuti protokol kesehatan terkait pencegahan covid-19," kata Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Humas Setda Flotim, M. Tribudi, Selasa (2/6).

Ia menambahkan selain menginstruksikan dimulainya tahun pelajaran 2020/2021 dan pelaksanaan PPDB, Bupati Flotim juga mengimbau sekolah agar memanfaatkan dana BOS bagi penanganan covid-19 di sekolah-sekolah. (OL-3)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Pipa Gas MBGI yang Bocor Selesai Diperbaiki

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 12:13 WIB
Pipa gas milik MBGI tersebut bocor di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin pada Jumat (10/7) siang. Namun, kebocoran itu sudah selesai...
MI/Dwi Apriani

24 Pasien Covid-19 Masih Dirawat di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:15 WIB
Tercatat hingga Sabtu (11/7), terdapat 64 kasus positif covid-19 di...
MI/Dwi Apriani

Pemprov Sumsel Kembali Gandeng Mahasiswa Tangani Karhutla

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:49 WIB
Sejak tahun lalu, saat ada ratusan mahasiswa yang turun ke lapangan untuk bantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Sumsel serta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya