Rabu 03 Juni 2020, 00:35 WIB

Amerika Latin Kewalahan Tangani Covid-19

Amerika Latin Kewalahan Tangani Covid-19

AFP

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) membahas sistem perawatan kesehatan di seluruh Amerika Latin berisiko akibat virus korona baru (covid-19), kompilasi jumlah kematian akibat penyakit ini di Brasil mencapai 30 ribu orang.

Pandemi virus korona telah menewaskan lebih dari 377 ribu orang dan menginfeksi lebih dari 6,3 juta orang di dunia sejak muncul di Tiongkok pada akhir 2019. Empat dari 10 negara di dunia dengan jumlah terbesar di atas kasus baru covid-19 pada Senin, kata Direktur Eksekutif Program Kesehatan WHO Michael Ryan, berada di Amerika Latin.

Kasus di Brasil, Peru, Cile, dan Meksiko meningkat setiap hari. Demikian pula di Argentina, Bolivia, Kolombia, dan Haiti. “Negara-negara harus bekerja sangat keras untuk memperbaiki skala infeksi dan juga sistem kesehatan yang mulai mendapat tekanan,” kata Ryan.

Kawasan ini memiliki satu juta kasus dan lebih dari 50 ribu kematian, dengan Brasil menyumbang lebih dari setengah kasus-kasus dan lebih dari 60% dari jumlah korban jiwa tersebut.

Wali Kota Rio de Janeiro, pada Senin, mengatakan kota wisata yang populer itu akan mulai menyelesaikan langkah-langkah kuncian mulai Selasa. Pelonggaran dimulai dengan membuka kembali tempat-tempat ibadah dan olahraga air.

Meksiko juga mulai dibuka kembali pada Senin, dengan mengaktifkan kembali industri otomotif, penambangan, dan konstruksi yang lebih rumit dari 10 ribu kematian. Sementara itu, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan semua pembatasan yang tersisa dalam upaya membatasi penyebaran virus korona bisa dicabut minggu depan.

“Strategi kami untuk bekerja keras, pergi lebih awal telah membuahkan hasil dan dalam beberapa kasus, melampaui harapan,” kata Ardern seperti dikutip dari Malay Mail, Selasa (2/6). Kabinet, sambungnya, akan memutuskan hal tersebut pada 8 Juni, lebih awal dari yang direncanakan pada 22 Juni. (AFP/Malay Mail/Nur/I-1)

Baca Juga

medcom.id

Menlu Pakistan Positif Covid-19

👤Antara 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 09:48 WIB
Menlu Pakistan Qureshi mengarantina diri di rumah dan akan bekerja dari...
AFP/Sujit Jaiswal

Koreografer Bollywood Saroj Khan Meninggal Dunia

👤Antara 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:55 WIB
Saroj yang berusia 71 tahun ini meninggal akibat serangan...
AFP

Partai Republik Khawatir Trump bakal Kalah di Pilpres AS

👤MI 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 01:15 WIB
BEBERAPA petinggi Partai Republik mulai khawatir jelang kontestasi pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) pada November...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya