Selasa 02 Juni 2020, 21:06 WIB

Amankah Penggunaan Masker Saat Berolahraga?

Retno Hemawati | Humaniora
Amankah Penggunaan Masker Saat Berolahraga?

expertreviews.co.uk
ilustrasi

 

Akhir-akhir ini beredar video yang memberitakan tentang bahaya berolahraga dengan menggunakan masker. Viralnya berita tersebut membuat banyak pecinta olahraga menjadi panik dan berusaha mencari penjelasan yang benar dari berita tersebut.

Dokter Michael Triangto, SpKO kemudian membuat video dan penjelasannya agar dapat meluruskan bagaimana hal sebenarnya dari berita tersebut.
 
Hal pertama yang harus dijelaskan adalah peraturan pemerintah tentang PSBB yang mengharuskan menggunakan masker saat berada di luar rumah, dengan demikian alasannya jika berada di luar rumah, kita sebagai warga wajib untuk menggunakan masker termasuk saat berolahraga.

"Masalahnya adalah dengan menggunakan masker kita akan merasakan nafas menjadi kurang lega, sesak, tidak nyaman dan hal itu tentunya wajar karena tujuan utama dari penggunaannya adalah untuk melindungi pemakainya dari kemungkinan terinfeksi virus dan melindungi orang lain dari kemungkinan kita menginfeksi mereka, terutama bila kita sedang tidak sehat," jelasnya melalui rilis yang diterima Media Indonesia, Selasa (2/6).

Dia pun kemudian menjabarkan, bila masker digunakan saat berolahraga, dapat dimengerti bila ada yang merasakan sesak terutama pada olahraga berintensitas berat. Hal tersebut adalah wajar. Hal yang tidak wajar adalah mengapa yang bersangkutan harus berolahraga berat?

Sebelum berolahraga setiap individu sebaiknya mengetahui dengan jelas tujuan dari kegiatannya itu dan bila tujuannya untuk sehat tentunya yang bersangkutan hanya boleh melakukan olahraganya berintensitas ringan sampai sedang saja sehingga tidak akan terganggu dengan penggunaan masker sesuai dengan peraturan PSBB tadi.

"Untuk yang ingin tetap berolahraga berat tentunya tidak akan dapat dilarang, dengan demikian boleh tetap dilakukan olahraganya namun dianjurkan dilakukan di dalam rumah sehingga tidak akan terkena kewajiban menggunakan masker dan kemungkinan untuk terinfeksi maupun menginfeksi dari dan ke orang lain."

Dokter Michael Triangto kemudian menambahkan yang perlu dipahami benar adalah olahraga berintensitas berat hanya diperuntukkan bagi atlet yang mau bertanding sehingga tujuan kesehatan bukanlah menjadi prioritas utama mereka.
 
Jika ada yang menanyakan apakah ada manfaat lain dari penggunaan masker selain mencegah penularan infeksi? Ternyata jawabnya ada! Secara teoritis kurangnya oksigen yang masuk ke paru-paru diharapkan dapat melatih pemakai masker agar terbiasa dengan O2 yang tipis. Hal tersebut mirip dengan kondisi penduduk yang tinggal di tempat-tempat yang lebih tinggi dari permukaan laut. Umumnya mereka memiliki kadar haemoglobin yang lebih tinggi dari pada penduduk yang tinggal di daerah pesisir namun tentunya hal tersebut membutuhkan waktu adaptasi yang panjang.

Dokter Michael Triangto kemudian menyimpulkan bahwa berolahraga yang sehat cukup dengan intensitas ringan sampai dengan sedang sehingga penggunaan masker tidak akan mempersulit sistem pernafasan. Masker juga tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan terlebih lagi sehingga menyebabkan kematian. (RO/OL-12)

Baca Juga

Antara

Hari Ini UTBK 2020 Dimulai, Peserta Wajib Bermasker

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Juli 2020, 11:35 WIB
UJIAN tulis berbasis komputer (UTBK) dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) tahun 2020 yang dimulai hari ini diikuti...
Dok. KLHK

Pemerintah Rancang Aturan Ekonomi Hijau Rendah Karbon

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 11:05 WIB
Dengan konsep ekonomi rendah karbon, semua kegiatan diarahkan untuk meningkatkan penggunaan sumber energi...
Instagram

Kunjungan Perdana, Menteri Siti Tengok Agroforestri di Majalengka

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 10:25 WIB
Sistem agroforestri diperuntukkan bagi petani yang menggarap lahan hutan milik negara, dengan syarat proses bercocok tanamnya harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya