Selasa 02 Juni 2020, 20:26 WIB

Anjurkan Salat Jumat Dibagi 2 Sif, JK: Sesuai Fatwa MUI DKI

Henri Siagian | Humaniora
Anjurkan Salat Jumat Dibagi 2 Sif, JK: Sesuai Fatwa MUI DKI

MI/Susanto
Ketua Umum DMI Jusuf Kalla

 

DEWAN Masjid Indonesia (DMI) menganjurkan pelaksanaan salat Jumat dilakukan secara bergelombang menjadi dua gelombang atau sif.

"Kami (DMI) menganjurkan untuk salat Jumat dua kali, gelombang, atau sif sesuai fatwa MUI DKI Tahun 2001. Jadi memang ada dua fatwa, kalau (fatwa) MUI Pusat kalau di industri, nah kalau (fatwa MUI DKI) karena kekurangan tempat, jadi boleh," kata Ketua Umum DMI Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa (2/6).

Anjuran pelaksanaan salat Jumat dalam beberapa sif, lanjut JK, diterbitkan sesuai dengan kondisi darurat pandemi virus korona atau covid-19. Meskipun ada fatwa serupa dari MUI, JK mengatakan fatwa tersebut isinya sesuai dengan permintaan industri.

"Ini sudah Fatwa MUI DKI Tahun 2001. Ada juga fatwa dari MUI Pusat, tapi itu alasannya lain karena ada permintaan dari industri, jadi bersifat permanen. Sementara ini hanya bersifat darurat. Kalau darurat, itu boleh," ujar mantan Wakil Presiden itu.

Baca juga:  MUI Larang Salat Jumat Bergelombang

JK menjelaskan pelaksanaan salat Jumat bergelombang dilakukan karena antarjemaah harus menjaga jarak satu meter, sehingga masjid hanya bisa menampung 40% dari kapasitas.

"Kenapa 1 meter. Karena virus ini menular lewat droplet. Dari batuk atau bersin. Makanya jaraknya itu 1 meter sampai ke orang lain. Karena kita pakai masker, otomatis droplet itu tertahan. Jadi selama pakai masker, cukup 1 meter, ya di samping kalau memang tidak bisa muat, sehingga terpaksa mesti dua sif, ya silakan dua sif," ujarnya lagi.

Dalam Fatwa MUI Provinsi DKI Jakarta tertanggal 16 Juli 2001 diputuskan salat Jumat boleh dilaksanakan dua sif, dengan syarat waktu pelaksanaannya masih dalam batas waktu zuhur. Semua pelaksanaan salat Jumat tersebut dinilai sah, sehingga tidak perlu dilakukan I
adah salat zuhur.

Baca juga: Pakar Ingatkan Adanya Ancaman Gelombang Kedua Covid-19

Sementara Fatwa MUI Pusat Nomor 5/MUNAS VI/MUI/2000 tentang Pelaksanaan Salat Jumat Dua Gelombang menimbang pelaksanaan salat Jumat dua gelombang atau lebih dari satu kali boleh dilakukan di industri yang sistem operasionalnya bersifat nonsetop 24 jam. Muslim yang bekerja di industri tersebut tidak dapat melaksanakan salat Jumat, kecuali jika dilakukan dengan dua gelombang. (Ant/X-15)

Baca Juga

Instagram

Kunjungan Perdana, Menteri Siti Tengok Agroforestri di Majalengka

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 10:25 WIB
Sistem agroforestri diperuntukkan bagi petani yang menggarap lahan hutan milik negara, dengan syarat proses bercocok tanamnya harus...
Badan POM

Salep Zambuk juga Dipalsukan, Badan POM Peringatkan Masyarakat

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 09:55 WIB
Barang yang berstatus ilegal itu dinyatakan tidak terjamin keamanan, manfaat, dan...
Antara

Interaksi Sosial Anak Hilang kalau Belajar Daring Dipermanenkan

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 08:55 WIB
Rencana pembelajaran jarak jauh yang bakal dipermanenkan Mas Menteri Nadiem langsung menjadi bahan pembicaraan para...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya