Selasa 02 Juni 2020, 20:15 WIB

MUI Larang Salat Jumat Bergelombang

Henri Siagian | Humaniora
MUI Larang Salat Jumat Bergelombang

Antara
Jemaah bersiap salat zuhur di Masjid Al Amjad, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (2/6).

 

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang tidak bolehnya salat Jumat secara bergelombang karena tidak ada alasan syariah kuat yang membolehkan salat Jumat dibagi dalam sif.

"Apalagi di dalam Alquran kita diperintah Allah bersegera ke masjid bila telah dipanggil melaksanakan salat Jumat," kata Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas di Jakarta, Selasa (2/6).

Dia mengatakan, menunda atau melambatkan waktu salat Jumat sama saja dengan melalaikan ibadah mingguan wajib bagi umat muslim laki-laki.

Menurut dia, menunda-nunda penyelenggaraan salat Jumat adalah tindakan yang sangat tercela dalam Islam. "Jadi dengan kata lain, kita tidak boleh melakukan salat Jumat di masjid yang sudah selesai melaksanakannya," ujar dia.

Pandemi virus korona atau covid-19, menurut dia, tidak bisa menjadi alasan memicu pelaksanaan salat Jumat secara bergelombang.

"Alasan physical distancing tidak kuat karena kita bisa dan dibolehkan oleh agama untuk menyelenggarakan salat Jumat di luar masjid yang ada seperti di musala, aula, ruang pertemuan, sekolah, atau bangunan yang ada di sekitar masjid yang kita ubah menjadi tempat salat Jumat," kata dia.

"Kecuali di daerah tersebut memang tidak ada lagi ruang yang bisa dipakai untuk salat Jumat atau karena di negara itu ada hukum dan ketentuan yang melarang orang beribadah di luar tempat ibadah yang ada, berarti keadaan benarlah yang memaksa kita untuk melakukan secara bergelombang," kata dia.

Akan tetapi, dia mengatakan di Indonesia tidak ada keadaan yang membuat salat Jumat dilaksanakan secara bergelombang. (Ant/X-15)

Baca Juga

Dok. KLHK

Pemerintah Rancang Aturan Ekonomi Hijau Rendah Karbon

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 11:05 WIB
Dengan konsep ekonomi rendah karbon, semua kegiatan diarahkan untuk meningkatkan penggunaan sumber energi...
Instagram

Kunjungan Perdana, Menteri Siti Tengok Agroforestri di Majalengka

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 10:25 WIB
Sistem agroforestri diperuntukkan bagi petani yang menggarap lahan hutan milik negara, dengan syarat proses bercocok tanamnya harus...
Badan POM

Salep Zambuk juga Dipalsukan, Badan POM Peringatkan Masyarakat

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Juli 2020, 09:55 WIB
Barang yang berstatus ilegal itu dinyatakan tidak terjamin keamanan, manfaat, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya