Selasa 02 Juni 2020, 19:24 WIB

Pakar Ingatkan Adanya Ancaman Gelombang Kedua Covid-19

Atalya Puspa | Humaniora
Pakar Ingatkan Adanya Ancaman Gelombang Kedua Covid-19

Ilustrasi
Ilustrasi virus korona tipe baru penyebab covid-19

 

MENINGKATNYA mobilitas masyarakat di tengah pandemi covid-19 dikhawatirkan akan menimbulkan gelombang kedua pada pandemi yang disebabkan virus korona tipe baru tersebutr. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Laboratorium Mikrobiologi FKUI Pratiwi Sudarmono.

"Masyarakat takut, tapi meraka sekarang merasa lebih leluasa pergi ke sana kemari. Kita tahu gelombang kedua bisa terjadi karena sekarang pergrakan luar biasa. Kemarin orang lebaran mudik, lalu ada masuknya tenaga kerja dari luar negeri ke Indonesia," kata Pratiwi di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (2/6).

Pratiwi mengingatkan, bahwa virus akan terus berkembang. Selama manusia tidak berupaya untuk membatasi mobilitasnya, maka risiko penularan akan semakin tinggi.

"Virus itu tiap waktu melakukan perubahan terhadap dirinya. Secara kontinu, bisa berkembang di satu daerah lebih banyak dari kemarin. Dan karena tidak ada pembatasan jelas, maka dengan sendirinya kemungkinan tertular tinggi," tutur Pratiwi.

Baca juga : Gugus Tugas Tegaskan Indonesia tidak Terapkan Herd Immunity

Pratiwi juga meyakini bahwa penemuan vaksin akan membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun. Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat senantiasa menjaga dirinya dari kemungkinan paparan virus covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Pakar Gugus Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, masyarakat harus memahami cara mencegah covid-19.

"Sebenarnya, jangan panik. Kenali musuhmu, kenali dirimu, 1000 kali kau perang, 1000 kali kau menang. Kalau kita sudah tahu cara virus itu bekerja, selama kita proteksi, dia akan bingung sendiri virusnya," kata Wiku.

"Sehingga dengan begitu kita tidak panik, imunitas naik, kalau kita terinfeksi itu kita bisa melawannya dan semoga tetap sehat," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Mendes PDTT Terima Gelar Honoris Causa dari UNY

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:42 WIB
Penganugerahan gelar itu dilaksanakan dalam sebuah upacara akademik yang  dipimpin Rektor UNY Prof Sutrisna...
MI/ANDRY WIDYANTO

Eijkman: Virus Bertahan 8 Jam di Udara

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:40 WIB
WHO lewat Scientific Brief (rangkuman ilmiah) yang diperbarui, Kamis (9/7), memaparkan beberapa kemungkinan covid-19 menular lewat...
Medcom

Gula Darah Tinggi Tingkatkan Risiko Kematian Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 09:59 WIB
Karenanya, peneliti asal Tiongkok mendesak semua rumah sakit untuk memeriksa gula darah pasien...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya