Selasa 02 Juni 2020, 19:16 WIB

Opsi Lanjutkan Liga 1 Pada September Dikaji

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Opsi Lanjutkan Liga 1 Pada September Dikaji

Antara/M. Risyal Hidayat
Momen pembukaan Liga 1 2020 di Surabaya, Jawa Timur, akhir februari silam

 

PSSI kembali menggelar pertemuan dengan klub Liga 1 hari ini untuk membahas nasib kompetisi Liga 1 2020 yang telah ditunda sejak Maret imbas pandemi covid-19.

Salah satu opsi yang muncul dalam pertemuan hari ini adalah melanjutkan Liga 1 musim ini pada September dengan harapan kondisi kembali kondusif dan dapat dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"PSSI memberikan gambaran kalau Liga 1 dilanjutkan bulan September," kata manajer Arema FC Rudy Widodo yang hadir dalam pertemuan virtual, Selasa (2/6).

Rudy mengatakan opsi itu datang dari Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengingat adanya Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Ia mengatakan kompetisi diharapkan kembali bergulir agar pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan.

"Coach Indra menjelaskan kalau tidak ada kompetisi gimana buat anak-anak. Ia menyarankan untuk kompetisi diputar lagi. Shin Tae-yong (pelatih timnas) mengatakan juga tidak ada jangka panjang untuk pemusatan latihan, jadi lebih ke klub," kata Rudy.

Baca juga : Klopp Ingin Ada Parade jika Liverpool Juara Liga Primer Inggris

Rudy mengatakan jika opsi itu dipilih, maka akan ada penambahan subsidi bagi klub sebesar Rp800 juta.

“Dengan beberapa pertimbangan, ada tambahan subsidi sebesar Rp800 juta. Tujuan liga dilanjutkan adalah untuk kepentingan timnas Indnesia mempersiapkan diri jadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” tutur Ruddy.

Rudy mengatakan itu baru sekadar opsi dan PSSI akan kembali membahasnya di rapat komite eksekutif (exco). Ia mengatakan hingga kini para klub masih terbelah soal kelanjutan kompetisi. Di satu sisi, ada yang meminta menghentikan total Liga 1 musim ini.]

"Ada yang setuju September dan ada yang tidak. Belum ada keputusan. Setelah rapat dengan Liga 1 ini, PSSI lanjut rapat dengan Liga 2, dan nanti malam rapat bersama Exco untuk keputusan pastinya," kata Rudy.

Sebelumnya, PSSI telah menggelar pertemuan dengan klub dan asosiasi pemain-pelatih membahas kelanjutan kompetisi. Sembari menunggu keputusan pemerintah terkait status tanggap darurat covid-19, PSSI telah menyiapkan opsi musim 2020 dilanjutkan. Lalu, musim dihentikan lalu ada turnamen pengganti. Terakhir, musim 2020 dihentikan total dan digelar musim baru 2020/2021. (OL-7)

Baca Juga

AFP/GABRIEL BOUYS

Lagi, Kemenangan Real Madrid Diwarnai Penalti

👤Antara 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 09:36 WIB
Real Madrid mendapat hadiah penalti kelima dari enam pertandingan terakhir...
AFP/Lars Baron

Dortmund Mulai Cari Pengganti Sancho

👤Antara 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 09:09 WIB
Sancho dirumorkan bakal bergabung dengan sejumlah raksasa Liga Primer Inggris, seperti Liverpool, Chelsea, dan Manchester...
AFP/Oli SCARFF

Bruce Tuntut Newcastle Bangkit Saat Hadapi Watford

👤Antara 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 08:58 WIB
Bruce menilai Watford menjelma jadi tim yang berbeda sejak ditangani Nigel Pearson, awal Desember...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya