Selasa 02 Juni 2020, 17:15 WIB

UMKM Bisa Manfaatkan Pasar Modal untuk Tambahan Pendanaan

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
UMKM Bisa Manfaatkan Pasar Modal untuk Tambahan Pendanaan

Dok. Kagama
Direktur Utama PT Danareksa Securitas Friderica Widyasari Dewi saat Webinar Kagama Inkubasi Bisnis

 

PENDANAAN bagi usaha mikro kecil dan menengah di tengah pandemi Covid-19 menjadi salah satu perhatian banyak pihak. Salah satu saluran yang bisa dimanfaatkan ialah lewat pasar modal. 

Direktur Utama PT Danareksa Securitas Friderica Widyasari Dewi mengungkapkan, saat ini ada papan akselerasi di pasar modal yang dikhususkan untuk UMKM. Pendanaan di pasar modal bisa mempertahankan credit rating UMKM. 

Papan akselerasi adalah sebuah pencatatan yang disediakan untuk mencatatkan saham dari emiten dengan skala kecil atau emiten dengan skala menengah.

"Papan akselerasi ini berfungsi untuk mengakomodir UMKM-UMKM untuk raising fund," kata Friderica dalam webinar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Inkubasi bisnis X bertajuk Best Practice Manajemen Krisis: Membangun Network dan Potensi Funding Untuk Melewati Masa-masa Sulit.

Syarat-syarat untuk mengikuti papan akselerasi salah satunya adalah usaha harus sudah berbentuk PT. 

Baca juga : Relaksasi Kredit UMKM untuk Bantu Roda Bisnis Berputar

“Boleh sedang dalam keadaan rugi, tetapi punya proyeksi dalam enam tahun ke depan usaha ini harus memperoleh keuntungan,” terangnya.

Bursa Efek Indonesia juga memiliki IDX Incubator. Program ini menyediakan training room, meeting room, coworking space, dan high speed internet. 

Sebagaimana dilansir dari Kominfo, IDX Incubator ini menawarkan program Initial Public Offering (IPO), sebuah program pelepasan sebagian atau seluruh saham untuk dijual kepada masyarakat.

Selain itu, juga IPO dijadikan sebagai program untuk meningkatkan nilai secara keseluruhan dan pendanaan startup.

Ada 3 UMKM binaan IDX Incubator yang sudah IPO yaitu PT Cashlez Worldwide Indonesia, PT Yeloo Integra Datanet, dan an PT Tourindo Guide Indonesia. (RO/OL-7) 

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Permohonan Modal Startup Meningkat

👤Gana Buana 🕔Senin 06 Juli 2020, 00:10 WIB
PERMOHONAN pemodalan startup diprediksi akan terus meningkat di tengah pandemi...
Antara

Akademisi: Ekspor Benih Lobster Naikkan Ekonomi Nelayan

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 21:00 WIB
KEBIJAKAN dibukanya kembali kran ekspor benih lobster dinilai Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanudin Jamaludin...
Dok. SKK Migas

KEI Akan Operasikan Utility Boat Buatan Anak Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Juli 2020, 20:59 WIB
Pembangunan kapal pembawa material  dan logistik tersebut dikerjakan oleh putra-putri terbaik Indonesia dengan tingkat kandungan lokal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya