Selasa 02 Juni 2020, 14:37 WIB

Ini Bedanya Diet Nabati dan Vegetarian

Fetry Wuryasti | Weekend
Ini Bedanya Diet Nabati dan Vegetarian

Unsplash/Ana Pelzer
Ilustrasi:Makanan Sehat

KESADARAN akan pentingnya kesehatan, mendorong banyak orang memperbaiki  pola makan mereka, menjadi pegiat diet nabati hingga vegan.

Ada berbagai alasan mengapa mereka mengadopsi pola makan nabati atau vegan. Profesor Francis Seow-Choen, seorang konsultan ahli bedah kolorektal dari Rumah Sakit Internasional Concord, Singapura mengatakan, gaya hidup ini  bisa berasal dari pengaruh media dan iklan. “Selain itu, para penganut pola hidup seperti ini yakin apa yang mereka lakukan berkontribusi menyelamatkan dunia, hak-hak hewan, dan kesehatan yang lebih baik,” ujarnya seperti dikutip channelnewsasia.

Namun Jaclyn Reutens, ahli diet dan pendiri Aptima Nutrition and Sports Consultants menilai, ketakutan masyarakat terhadap sejumlah penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol,  yang membuat mereka berusaha makan lebih sehat.

Sejak pertengahan 2019, Reutens menerima 10 % lebih banyak pertanyaan tentang diet nabati dan bagaimana memulainya. Beberapa oramg mencoba untuk tujuan kesehatan agar merasa lebih baik, beberapa untuk menurunkan berat badan, atau untuk mengelola dan mencegah diabetes.

Meskipun sayuran pasti terlibat, ada perbedaan antara pola makan nabati dan vegetarisme.

"Pola makan nabati mendorong asupan buah, sayuran, kacang-kacangan, tetapi tidak secara ketat mengecualikan produk hewani seperti daging, ikan, unggas, telur, dan susu,” kata ahli gizi Goh Qiu Le dari Rumah Sakit Umum Changi Layanan Diet dan Makanan.

Adapun vegetarian bisa berbagai bentuk. Diet lakto-vegetarian, misalnya, tidak termasuk daging, ikan, unggas dan telur, tetapi boleh mengonsumsi produk susu seperti  keju dan yogurt.  Sedangkan diet ovo-vegetarian memungkinkan telur, sambil menghindari daging, ikan, unggas, dan produk susu.

Adapun perbedaan utama antara seorang vegetarian dan seseorang yang melakukan diet nabati adalah makanan olahan. Pola makan nabati mengarahkan Anda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan minim olahan daripada makanan banyak olahan yang mengandung gula buatan. (M-4)

Baca Juga

AFP/VALERIE MACON

Naya Rivera Dipastikan Meninggal karena Tenggelam

👤Antara 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:48 WIB
Pemeriksa mengatakan temuan autopsi selaras dan konsisten dengan keadaan tenggelam dan kondisi tubuh waktu dia...
Unsplash/ Olena Sergienko

Teknologi Headphone Raksasa untuk Peredam Bising

👤Fathurrozak 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:30 WIB
Para peneliti di Singapura mengembangkan sistem seperti headphone peredam bising yang bisa diaplikasikan di tempat tinggal...
Unsplash/ Rahul Dey

Hal yang Bisa Tingkatkan Risiko Kematian saat Mendaki Gunung

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:30 WIB
Tewasnya sejumlah pendaki harus menjadi pelajaran bagi mereka yang juga berencana kembali naik...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya