Selasa 02 Juni 2020, 14:12 WIB

Spesies Langka ini Semakin Terancam Punah

Bagus Pradana | Weekend
Spesies Langka ini Semakin Terancam Punah

Antara/Muhammad Adimaja
Badak Sumatera, salah satu spesies langka yang diprediksi segera punah

DALAM beberapa dekade ke depan, kepunahan massal satwa liar diprediksi sangat cepat. Hal itu diungkapkan tim peneliti gabungan dari University of Mexico dan Stanford University dalam penelitian terbaru mereka.

Para peneliti memprediksi lebih dari 500 spesies satwa berada di ambang kepunahan dalam jangka waktu 20 tahun mendatang.  Beberapa satwa langka yang mendapatkan perhatian dalam riset ini antara lain adalah Badak Sumatra, Rusa Pulau Clarion, Kura-kura raksasa Espanola, dan Katak Harlequin.

Menurut para peneliti, ancaman kepunahan massal tersebut merupakan dampak dari aktivitas perusakan lingkungan yang dilakukan manusia selama beberapa dasawarsa belakangan.

Dalam riset yang diterbitkan oleh 'The Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS)', para peneliti menemukan 515 spesies (atau setara dengan 1,7 %) dari total 29.400 spesies yang mereka analisis, berada di ambang batas kepunahan, dengan rata-rata populasi kurang dari 1.000 ekor yang tersisa pada setiap spesies.

Mayoritas spesies terancam punah ini berasal dari daerah tropis dan subtropis, sebagian besar habitatnya terancam oleh berbagai kegiatan manusia. Untuk mengatasi laju kepunahan , para peneliti sepakat mengusulkan peningkatan level kedaruratan terkait konservasi satwa liar.

Paul Ehrlich, dari Stanford University, salah satu peneliti dalam riset gabungan ini mengatakan, ancaman kepunahan satwa sangat nyata dan sudah seharusnya manusia mengambil langkah tegas menangani krisis tersebut.

"Ketika manusia mengancam populasi spesies makhluk lainnya, ia sedang menggerogoti anggota tubuhnya sendiri, menghancurkan bagian-bagian yang berfungsi sebagai sistem pendukung kehidupannya sendiri," papar Ehrlich, seperti dilansir dailymail.co.uk, Senin (1/6). (M-4)

Baca Juga

Dok. Komorebi.green

Monstera Adansonii Variegata, Tanaman Hit Harga Selangit

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 15 Juli 2020, 12:57 WIB
Tanaman hias ini ditengarai masuk dari...
Unsplash/ David Clode

Sekelompok 'Bayi Naga' Lahir di Slovenia

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 15 Juli 2020, 10:50 WIB
Dalam satu dekade ini, Salamander Pohon Zaitung sangat jarang diketahui...
AFP/VALERIE MACON

Naya Rivera Dipastikan Meninggal karena Tenggelam

👤Antara 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:48 WIB
Pemeriksa mengatakan temuan autopsi selaras dan konsisten dengan keadaan tenggelam dan kondisi tubuh waktu dia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya