Selasa 02 Juni 2020, 13:49 WIB

Orangtua Harus Perhatikan Imunitas Anak di Masa New Normal

Atalya Puspa | Humaniora
Orangtua Harus Perhatikan Imunitas Anak di Masa New Normal

ANTARA FOTO/Jojon
Seorang anak menuntup wajahnya saat tim medis mengambil sampel dalam rapid test gratis di posko gugus tugas COVID-19 di Kendari

 

INDONESIA akan memasuki fase normal baru (new normal) di masa pandemi covid-19. Banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya daya tahan tubuh anak-anak.

Dokter Spesialis Anak dari RSCM Zakiudin Munasir mengungkapkan meskipun jumlah anak yang terpapar covid-19 sedikit namun bukan berarti anak memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat dari orang dewasa.

"Daya tahan tubuh anak masih belum sempurna. Anak jarang terkena covid-19 karena mereka lebih jarang di luar rumah dibanding orang dewasa," kata Zakiudin dalam webinar yang diadakan FKUI/ RSCM, Selasa (2/6).

Zakiudin menyatakan apabila anak mulai berkegiatan di luar rumah secara normal seperti pergi ke sekolah, maka menjadi kelompok yang rentan terpapar covid-19.

Untuk itu, dirinya mengimbau orangtua senantiasa memperhatikan asupan gizi dan vitamin anak agar memiliki sistem imun yang baik.

"Asupan gizi seimbang, vitamin, mineral, semua berperan. Kalau semua bagus, anak gak akan sakit," ungkapnya.

Baca juga: 127 Anak-anak Surabaya Terpapar Covid-19

Adapun, asupan yang harus dipenuhi setiap harinya yakni protein, vitamin A, beta-carotene, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan magnesium.

"Khusus untuk anak yang memiliki alergi, itu memang sangat tidak menguntungkan saat pandemi ini. Karena kalau terkena covid-19 gejalanya akan lebih berat. Maka kalau punya alergi, lakukanlah kontrol lingkungan dengan baik, dan obati alerginya dengan baik," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

KPAI Serukan Percepatan Perlindungan Korban Eksploitasi Anak

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:33 WIB
Korban membutuhkan pendampingan baik selama proses hukum ini berlangsung dan perlindungan khusus ke depan sehingga konseling dan bimbingan...
Dok.Setpres

Presiden: Hati-hati Membuka Sarana Pendidikan

👤Andhika prasetyo 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:15 WIB
Pasalnya, sekolah dan kegiatan belajar mengajar lainnya dinilai sebagai sektor yang memiliki risiko tinggi dalam penularan covid-19 di...
medcom

Penularan Covid-19 Melalui Udara Pada Ruang Tertutup

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:11 WIB
Penelitian transmisi penularan covid-19 melalui udara sampai saat ini masih terus dikaji seiring dengan perkembangan pemahaman pada virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya