Selasa 02 Juni 2020, 09:20 WIB

Cegah Penumpukan, Penumpang Pesawat Datang 3 Jam Sebelum Terbang

Agus Utantoro | Nusantara
Cegah Penumpukan, Penumpang Pesawat Datang 3 Jam Sebelum Terbang

MI/Ardi Teristi Hardi
Komisi C DPRD DIY mengecek pelayanan penerbangan terbatas di Bandara Internasional Yogyakarta 11 Mei 2020.

 

MENTERI Perhubungan memperpanjang masa pembatasan penerbangan pesawat penumpang sampai dengan 7 Juni 2020. Perpanjangan itu dituangkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 116 Tahun 2020. Menanggapi keputusan Menhub, Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Agus Pandu Purnama menegaskan, pelayanan di bandara baru Yogyakarta mematuhi keputusan Menhub. Penerbangan di bandara Yogyakarta ini telah menerapkan protokol kesehatan pada seluruh calon penumpang dan karyawan untuk mendukung upaya New Normal. 

Angkasa Pura I juga telah melaksanakan pengaturan jadwal penerbangan bersama dengan maskapai untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang di bandara.

"Dimohon kepada calon penumpang untuk tiba di bandara minimal 3 jam sebelum keberangkatan dan memastikan seluruh persyaratan penerbangantelah lengkap dan dipersiapkan sebelum berangkat ke bandara sehingga dapat mempercepat proses pemeriksaan," kata Agus Pandu Purnama dalam keterangan resmi, Selasa (2/6).

Para calon penumpang juga diimbau untuk mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC) melalui aplikasi e-HAC yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Hal ini,  untuk mempercepat proses pelayanan dan meminimalisir kontak fisik selama proses pemeriksaan dokumen.

Agus Pandu Purnama juga mengingatkan, selurus pengguna jasa bandara termasuk pengantar juga mematuhi protokol kesehatan. Seperti diketahui, pada Senin (1/6) terjadi penumpukan penumpang di area pemberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta dari 05.00 WIB sampai 08.00 WIB. Hal ini berpotensi menimbulkan kluster baru penyebaran covid-19.

Antusiasme publik terhadap bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo semoat terlihat pada Senin (1/6). Banyak pengantar penumpang pesawat udara memanfaatkan untuk berfoto dan melihat suasana bandara di area keberangkatan di Bandara Internasional Yogyakarta.

baca juga: Kasus Covid-19 Kluster Tomboro di Blora Bertambah

Para petugas bandara kemudian melakukan penertiban serta mengingatkan pengunjung untuk menjaga jarak fisik dan mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk mempercepat proses pemeriksaan penumpang.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh pengunjung Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) untuk tidak terlalu lama mengantar keluarga atau kolega yang berangkat melalui YIA serta tidak berkerumun di sekitar area Security Check Point maupun lobby keberangkatan untuk menghindari terjadinya kerumunan yang dapat memicu penyebaran penyakit di area bandara," terang Agus Pandu. (OL-3)
 

Baca Juga

dprd.samarindakota.go.id

Usai Olahraga, Ketua DPRD Samarinda Meninggal Dunia

👤Rudi Agung 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 05:42 WIB
Almarhum sempat menjalani perawatan medis, namun nyawanya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (10/7)...
Antara

Per Hari, Rerata 125 Orang Positif Korona di Sumut

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:49 WIB
Lonjakan kasus positif dalam tiga hari terakhir sangat tidak sebanding dengan jumlah pasien sembuh yang hanya rata-rata 11 orang setiap...
MI/Gabriel Langga

Biaya Rapid Test di Manggarai Barat Mahal

👤John Lewar 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:30 WIB
Para pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan mahalnya biaya rapid test yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya