Selasa 02 Juni 2020, 06:57 WIB

Ekonomi AS Mulai Membaik, Harga Emas Turun Tipis

Antara | Ekonomi
Ekonomi AS Mulai Membaik, Harga Emas Turun Tipis

ANTARA FOTO/Fauzan
Ilustrasi: penjual emas perhiasan di sebuah toko di Banten

 

USAI melonjak tajam pada akhir pekan lalu, harga emas berjangka di akhir perdagangan Senin (1/6) atau Selasa (2/6) pagi WIB turun tipis. Hal ini berbarengan dengan data ekonomi Amerika Serikat yang menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Namun penurunan emas tertahan di tengah meningkatnya gesekan antara Washington dan Beijing, protes di Amerika Serikat atas rasisme, serta pelemahan greenback.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus di divisi COMEX New York Mercantile Exchange melemah tipis 1,4 dolar AS atau 0,08%, menjadi ditutup pada 1.750,3 dolar AS per ounce.

Emas berjangka sempat melambung 23,4 dolar AS atau 1,35% menjadi 1.751,7 dolar AS per ounce pada akhir perdagangan Jumat (29/5). Emas berjangka masih membukukan keuntungan sebesar 3,4% selama Mei.

Indeks manufaktur Institute for Supply Management (ISM) naik menjadi 43,1% pada Mei dari level terendah 11-tahun 41,5% pada April.

Baca juga: Harga Emas Naik Setelah Terkoreksi Tiga Hari Berurut-Turut

Sementara itu, Departemen Perdagangan AS melaporkan pengeluaran untuk proyek konstruksi AS turun lebih kecil dari yang diperkirakan 2,9% pada April.

Kenaikan umum pasar saham di seluruh dunia juga mengurangi daya tarik emas.

"Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa kesepakatan perdagangan Fase Satu AS-Tiongkok akan segera dibatalkan," kata analis pasar senior di broker OANDA, Edward Moya.

Ia menambahkan, protes jalanan yang meluas di Amerika Serikat telah meningkatkan kekhawatiran gelombang lain kasus virus korona.

Tiongkok telah mengatakan untuk menghentikan pembelian produk pertanian utama AS, setelah Washington mengatakan akan menghilangkan perlakuan khusus untuk Hong Kong.

Sementara itu di Amerika Serikat, pasukan Garda Nasional dikerahkan di 15 negara bagian dan Washington D.C. dalam upaya untuk memadamkan protes atas kematian seorang pria kulit hitam tak bersenjata oleh petugas polisi.

Dolar jatuh ke level terendah sejak pertengahan Maret, hal ini mendukung harga emas.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli naik 32,8 sen atau 1,77%, menjadi ditutup pada 18,827 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik 26,5 dolar AS atau 3,03%, menjadi menetap pada 901,1 dolar AS per ounce.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Maulana Surya/Medcom.id

Kemenkop dan UKM Pangkas Persyaratan Akses Dana Bergulir

👤Iam/E-1 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:10 WIB
Dari 16 proses atau syarat yang rigid menjadi hanya tiga proses saja, yaitu penilaian legalitas, repayment capacity, dan pengikatan...
DOK Patra Jasa

Patra Jasa Raih Penghargaan Anugerah BUMN 2020

👤Widhoroso 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 22:55 WIB
Ini menjadi kali ketiga Patra Jasa secara beruntun menerima penghargaan dalam ajang Anugerah...
Antara/Dhemas Revianto

PNM Siap Bayar Obligasi Jatuh Tempo Rp750 Milar

👤Raja Suhud 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 19:15 WIB
Dalam masa pandemi covid-19,  PNM tetap menyalurkan pembiayaan kepada usaha ultra mikro dan UMKM lebih dari Rp8,2...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya