Selasa 02 Juni 2020, 06:15 WIB

Kejujuran Warga Kunci Sukses Bintuni Cegah Covid-19

Martinus Solo | Nusantara
Kejujuran Warga Kunci Sukses  Bintuni Cegah Covid-19

MI/Martinus Solo
Pasien covid-19 dari Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

 

PEMKAB Teluk Bintuni, Papua Barat bersama Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 bahu membahu menekan penyebaran virus korona di daerah itu. Ditanmbah dengan dukungan masyarakat yang jujur mengungkap riwayat kesehatan sehingga dari 42 pasien positif covid-19, kini tingga 9 orang yang masih dirawat di rumah sakit.

Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw mengatakan bahwa dengan sikap kejujuran masyarakat, pihaknya bersama Gugus Tugas Covid-19 bisa menekan penyebaran virus covid-19. Sebagai tanda cinta kepada masyarakat Teluk Bintuni, Pemkab Teluk Bintuni telah membeli alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan anggaran APBD, untuk mendukung tenaga kesehatan Satgas Covid-19 untuk bekerja lebih cepat.

"Dengan dua PCR itu, Satgas Covid-19 dengan cepat melacak warga Teluk Bintuni yang positif covid-19. Dan dari 42 orang yang positif covid-19, 33 orang sembuh dan 9 orang masih dirawat di RSUD Teluk Bintuni," kata Petrus, Selasa (2/6).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, Wiendo Syahputra Yahya menambahkan saat ini pihaknya fokus pada penemuan kasus baru dengan screening massal untuk memutuskan rantai penularan di komunitas.

baca juga: Langgar Protokol Kesehatan, Aceh Barat Pulangkan 20 Pekerja

Ia pun sudah menyusun panduan penanganan pasien covid-19 sejak Januari. Dan sejak Maret, Satgas Covid-19 Teluk Bintuni sudah melakukan sosialisasi bahaya covid-19 bersama para stakeholder dan melakukan screening di pelabuhan, bandara dan pintu masuk ke Teluk Bintuni dari jalur darat. Wiendo menyebutkan dua alat PCR ini sudah ada sejak Mei dan sangat membantu penanganan covid-19 di wilayah otu. 

"Di samping itu masyarakat juga menjalankan protokol kesehatan covid-19. Alhamdulillah pasien covid-19 di Teluk Bintuni sudah sembuh 33 orang, tinggal 9 orang dari kategori orang tanpa gejala," terang Wiendo. (OL-3)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

24 Pasien Covid-19 Masih Dirawat di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:15 WIB
Tercatat hingga Sabtu (11/7), terdapat 64 kasus positif covid-19 di...
MI/Dwi Apriani

Pemprov Sumsel Kembali Gandeng Mahasiswa Tangani Karhutla

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:49 WIB
Sejak tahun lalu, saat ada ratusan mahasiswa yang turun ke lapangan untuk bantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Sumsel serta...
MI/Dwi Apriani

Kampung Tangkal Covid-19 di Musi Banyuasin Diperbanyak

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:30 WIB
Pemkab Musi Banyuasin memperbanyak Kampung Tangkal Covid-19 untuk memutus mata rantai covid-19 dan membantu ketahanan pangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya