Selasa 02 Juni 2020, 06:20 WIB

Kejahatan Jalanan Meningkat

Tri/J-2 | Megapolitan
Kejahatan Jalanan Meningkat

MI/ADAM DWI
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menunjukkan barang bukti senjata api rakitan, di Polda Metro Jaya, Jakarta, (26/3/20).

 

SELAMA pandemi covid-19, terhitung Maret-Mei 2020, terdapat empat kasus menonjol di wilayah hukum Polda Metro Jaya, meliputi kejahatan jalanan (street crime), narkoba, penyebaran berita bohong, serta ujaran kebencian.

Selama covid-19, sasaran kejahatan bergeser dari rumah ke tempat-tempat usaha dan pembegalan.

“Lokasi kejadian bukan lagi di rumah. Karena  masyarakat banyak di rumah, pelaku mencari tempat-tempat sepi dan terjadilah begal. Kasus lainnya perampokan minimarket,” papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, kemarin.

Meskipun angka kejahatan meningkat, Polda Metro Jaya cukup berhasil mengungkapkannya. Dari 18 kejadian pencurian di minimarket, sebanyak 16 kasus dapat diungkap dan pelakunya ditangkap.

Langkah yang dilakukan Polda Metro Jaya dalam menyikapi setiap kasus, lanjutnya, dengan membentuk satuan tugas khusus (satgasus). Penyidik Satgasus malu kembali ke kantor sebelum berhasil menangkap pelaku.

Dalam upaya menekan kejahatan jalanan, Polda Metro Jaya juga meningkatkan patroli dengan memperlihatkan polisi berse­ragam di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, polisi juga bersama-sama dengan TNI menggelar patroli gabungan.

Berita bohong dan ujar­an kebencian juga sangat menonjol yakni mencapai 480 kasus. Begitu juga dengan kasus narkotika, Polda Metro Jaya menyita seberat 26,8 kg sabu. Jika per gram bernilai Rp1,3 juta, barang bukti sabu yang disita senilai Rp34.840.000.000.

Meski demikian, menurut Yusri Yunus, secara umum angka kriminalitas di wilyah hukum Polda Metro Jaya menurun. Kesigapan patroli yang dilakukan secara internal maupun gabungan dengan TNI berdampak positif dalam menekan kejahatan.

Selain itu, kecepatan aparat menempatkan dan memetakan kasus memudahkan Satgasus memburu para pelaku. (Tri/J-2)

Baca Juga

MI/Ramdani

Pesepeda: Jalur Khusus Sepeda Harus Terkoneksi

👤Astri Novaria 🕔Minggu 05 Juli 2020, 06:15 WIB
Aspek lainnya yang menurutnya harus didukung adalah adanya jalur khusus...
ANTARA/Fachrozi Amri

Antisipasi Balap Liar di Monas, Polda Metro Tingkatkan Pengawasan

👤Antara 🕔Minggu 05 Juli 2020, 01:06 WIB
Kawasan sekitar Monas kerap digunakan sebagai lintasan balap liar yang dilakukan tengah malam termasuk saat malam...
MI/ Insi Nantika Jelita

Tanpa Surat Rapid Test, Yaya Urung Mudik ke Jombang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 19:49 WIB
"Saya mau ke Jombang (Jawa Timur). Ini mendadak karena orang tua saya meninggal. Ingin buru-buru, tapi saya kurang syaratnya, surat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya