Selasa 02 Juni 2020, 01:35 WIB

Kampung Buninagara Jadi Percontohan Karantina Mikro di Jabar

Adio Kristiadi | Nusantara
Kampung Buninagara Jadi Percontohan Karantina Mikro di Jabar

DOK MI
Ilustrasi

 

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Selasa (2/6) akan melakukan swab test massal dan karantina lokal di Kampung Buninagara, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Swab test massal  akan dilakukan kepada kepada 100 orang, setelah satu orang warga desa tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

"Karantina lokal dilakukan lantaran di wilayah itu ditemukan kasus pasien positif Covid-19 setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selesai dilakukan di Kota Tasikmalaya. Pemerintah Provinsi Jabar berencana akan melakukan karantina mikro wilayah tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, Senin (1/6).

Perwakilan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jabar, Agus Sukandar mengatakan kegiatan itu merupakan proyek percontohan karantina mikro yang diprogramkan Pemprov Jabar. Wilayah Kota Tasikmalaya merupakan satu dari 13 kabupaten/kota yang menjadi pilot project penangan pandemi korona.

"Kami akan melakukan tes swab massal dan juga karantina mikro. Beberapa rumah yang berada di dekat rumah pasien tentu akan dikarantina selama 14 hari. Namun, selama ini akan terus melakukan penelusuran agar tidak terjadi transmisi lokal di wilayah tersebut," ujarnya.

Sementara Camat Cipedes, Sofian Zaenal Musttaqin mengatakan dalam program karantina mikro itu sebanyak delapan rumah atau 30 orang warga yang tinggal di dekat rumah pasien akan dikarantina dan menjalani isolasi mandiri. Selama karantina, kebutuhan mereka warga ditanggung  Gugus Tugas Covid-19. (R-1)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

24 Pasien Covid-19 Masih Dirawat di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:15 WIB
Tercatat hingga Sabtu (11/7), terdapat 64 kasus positif covid-19 di...
MI/Dwi Apriani

Pemprov Sumsel Kembali Gandeng Mahasiswa Tangani Karhutla

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:49 WIB
Sejak tahun lalu, saat ada ratusan mahasiswa yang turun ke lapangan untuk bantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Sumsel serta...
MI/Dwi Apriani

Kampung Tangkal Covid-19 di Musi Banyuasin Diperbanyak

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:30 WIB
Pemkab Musi Banyuasin memperbanyak Kampung Tangkal Covid-19 untuk memutus mata rantai covid-19 dan membantu ketahanan pangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya