Selasa 02 Juni 2020, 00:20 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Klaten Bertambah

Djoko Sardjono | Nusantara
Pasien Positif Covid-19 di Klaten Bertambah

DOK MI
Ilustrasi

 

JURU Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Cahyono Widodo, mengumumkan pasien terkonfirmasi positif virus korona bertambah satu orang. Dengan demikian, hingga kini total  pasien positif Covid-19 di Klaten yang menjalani perawatan di rumah sakit berjumlah 7 orang.

"Senin (1/6), Klaten ada tambahan satu  pasien terkonfirmasi  positif Covid-19. Pasien positif baru yang sekarang dirawat di RS Bagas Waras, seorang laki-laki berinisial S, 44, warga Kecamatan Juwiring," kata Cahyono yang juga Kepala Dinas Kesehatan Klaten.

Pasien baru yang dinyatakan positif tersebut, dimungkinkan terpapar saat  bekerja di Surakarta. Sebelumnya, 28 Mei lalu, ia mengikuti rapid test massal di kantornya, dan hasilnya reaktif. Kemudian, S menjalani isolasi mandiri sejak tanggal pelaksanaan rapid test.

Setelah mengikuti rapid test dengan hasil reaktif, S pada 29-30 Mei  diminta untuk test swab. Dari hasil test swab, dinyatakan bahwa warga  dari Kecamatan Juwiring itu terkonfirmasi positif terpapar virus Korona. Kemudian yang bersangkutan dirawat di RSD Bagas Waras Klaten.

Menurut Cahyono, setelah S dinyatakan positif, tim Satgas Covid-19 melakukan tracing (pelacakan) orang-orang  yang pernah kontak dengan pasien, serta segera akan melaksanakan rapid test. Ini sebagai upaya antisipasi dan pencegahan persebaran virus tersebut.

Lebih jauh, Cahyono mengimbau Gugus Tugas Covid-19 di tingkat RT/RW untuk memantau secara ketat warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten. Mereka diminta untuk melakukan isolasi diri di rumah masing-masing selama 14 hari.

"Untuk antisipasi dan pencegahan Covid-19, kami juga mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan  bergizi, berjemur selama 10-15 menit pada pukul 09.00-10.00 WIB, dan menaati protokol kesehatan," pungkasnya. (R-1)

Baca Juga

ANTARA

Cuaca Buruk Kembali Landa Perairan NTT

👤Palce Amalo 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:55 WIB
Gelombang tinggi dan angin kencang melanda wilayah NTT sejak dua hari terakhir. membuat perahu nelayan terutama di bawah 10 GT tidak bisa...
MI/Djoko Sardjono

Klaten Siaga Darurat Bencana Kekeringan

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:25 WIB
BPBD Klaten telah siap melakukan kegiatan pengedropan air untuk membantu warga masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih akibat...
DOK MI

Pemkab Bangkalan Siapkan Ruang Isolasi Tambahan

👤Mohammad Ghazi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:10 WIB
Penyiapan gedung olah raga sebagai tempat isolasi itu dilakukan karena ruang isoasi yang ada, sudah mulai penuh sementara jumlah kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya