Senin 01 Juni 2020, 19:46 WIB

Halau Gelombang Protes, 40 Kota di AS Terapkan Jam Malam

mediaindonesia.com | Internasional
Halau Gelombang Protes, 40 Kota di AS Terapkan Jam Malam

AFP
Polisi di Santa Monica menembakkan gas air mata terhadap demonstran yang memperjuangkan kasus George Floyd.

 

SETIDAKNYA 40 kota di Amerika Serikat (AS), termasuk Ibu Kota Negara, Washington, D.C, memberlakukan jam malam untuk mengatasi aksi protes terkait kasus kematian George Floyd.

Pada Minggu pagi waktu setempat, sekitar 5.000 anggota Garda Nasional telah diaktifkan di 15 negara bagian dan Washington, D.C. Sekitar 2.000 pasukan lainnya juga siap diaktifkan jika diperlukan.

Baca juga: Ikut Berlutut, Cara Polisi AS Tenangkan Demonstran

Sejumlah kota yang memberlakukan jam malam adalah San Francisco, Denver, Miami, Atlanta, Minneapolis, Detroit, Kansas City dan Dallas. Aksi penjarahan dilaporkan terjadi di California Selatan. Sebuah truk tanker melaju ke arah demonstran di Minneapolis.

Bentrokan juga terjadi antara demonstran dan polisi di Boston dan Washington, D.C. Negara adidaya tengah berjuang untuk mengendalikan gelombang protes yang berujung kekacauan. Protes dipicu kematian seorang pria kulit hitam bernama George Floyd, akibat tindakan aparat kepolisian.

Baca juga: Biden Dukung Aksi Bela Floyd tapi Tak Setuju dengan Kekerasan

"Saya benci melihat kota saya seperti ini. Tetapi, pada akhirnya kami membutuhkan keadilan," ujar Jahvon Craven saat menyaksikan gerakan protes di pusat Kota Minneapolis.

Kematian Floyd menyulut kemarahan di seluru penjuru negeri, yang terpecah secara politik dan rasial jelang pemilihan presiden pada November. Negara itu juga berjuang melawan pandemi covid-19, yang menyebabkan jutaan orang kehilangan pekerjaan.

Otoritas berwenang memberlakukan jam malam di puluhan kota AS. Terbesar sejak 1968, saat kematian Martin Luther King Jr di tengah kampanye pemilihan presiden dan pergolakan demonstrasi anti-perang.(Ant/OL-11)

 

 

Baca Juga

AFP/Jason Redmond

Lagi, 60 Pemesanan Boeing 737 Max Dibatalkan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 15 Juli 2020, 09:21 WIB
Pesawat Boeng 737 Max telah dikandangkan sejak Maret 2019 setelah terjadi dua kecelakaan...
AFP/AIZAR RALDES

Warga Bolivia Gelar Demonstrasi Antipemerintah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 15 Juli 2020, 09:08 WIB
Demonstrasi yang digelar merupakan bentuk kemarahan para pekerja atas kebijakan kesehatan dan pendidikan serta aksi PHK...
AFP/ Carl DE SOUZA

Sekolah Samba di Rio: Tidak Ada Vaksin, tidak Ada Karnival!

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:40 WIB
Lima dari 12 sekolah samba utama, termasuk Mangueira dan Beija Flor, mengatakan kepada surat kabar O Globo bahwa mereka meminta agar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya