Senin 01 Juni 2020, 18:35 WIB

Pengamat: Simpatisan IS Penyerang Polsek Daha Teroris Terlatih

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Pengamat: Simpatisan IS Penyerang Polsek Daha Teroris Terlatih

Dok.MI
Ilustrasi

 

SERANGAN terorisme kembali terjadi dengan korban seorang anggota polisi Polsek Daha Selatan, Kalimantan Selatan. Pelaku menyerang dengan menggunakan pedang samurai dan disinyalir sangat terlatih dan didikan Islamic State (IS).

"Ini merupakan serangan terorisme terlatih dan terkoordinasi, bukan lone wolf, " ujar Analis Intelijen Ridlwan Habib kepada Media Indonesia, Senin (1/6).

Seperti diketahui, Mepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Daha Selatan, Brigadir Leonardo Latupapua dan Kanit Intel Polsek Daha Selatan, Brigadir Djoman Sahat Manik Raja menjadi korban penyerangan terduga teroris berinisial AR. Keduanya diserang saat sedang dengan samurai pada dini hari tadi.

Menurut Ridlwan, kelompok penyerang sengaja memilih waktu dini hari untuk mencari kelengahan polisi. Kemudian memilih sasaran anggota polisi karena dianggap sebagai thaghut atau musuh yang menghalangi cita cita mereka menyebarkan faham IS.

Ridlwan menilai dari pola serangan dan mental, para penyerang sudah terlatih. "Kelompok simpatisan IS di Kalimantan Selatan merupakan jaringan JAD Kalimantan, "ujar alumni S2 Intelijen Universitas Indonesia tersebut.

Serangan ini menjadi bukti bahwa terorisme belum hilang di Indonesia. Bahkan teroris masih melakukan serangan di era pandemi korona. Bahkan para analis sudah meramalkan kejadian ini akan terjadi.

"Apalagi setelah ada seruan resmi dari Isis pusat tiga hari lalu, " kata Ridlwan .

Direktur The Indonesia Intelligence Institute ini mengingatkan adanya serangan serupa di tempat lain setelah Kalimantan Selatan. "Polri harus bersiaga penuh, Polda Polda di seluruh Indonesia wajib waspada terhadap kemungkinan serangan susulan, "pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

Komisi III Sepakat RUU Perampasan Aset Dibutuhkan

👤Putra Ananda 🕔Senin 13 Juli 2020, 01:20 WIB
RUU Perampasan Aset merupakan solusi untuk membatasi buronan koruptor mengakses harta mereka di tengah proses pelarian dari...
ANTARA/Asep Fathulrahman

RUU PKS Harus Masuk Prolegnas Prioritas

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:51 WIB
Lestari mengatakan partai NasDem bertekad akan mengawal proses pembahasan RUU PKS agar kembali disertakan masuk dalam Prolegnas Prioritas...
Antara

Didampingi KSAD, Prabowo Titip Pesan Ke Siswa Taruna Nusantara

👤Ant 🕔Minggu 12 Juli 2020, 23:35 WIB
Ia mengingatkan bahwa pendidik bukan hanya bertugas mencetak lulusan yang cerdas, tapi juga memupuk rasa cinta Tanah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya