Senin 01 Juni 2020, 18:24 WIB

Muhammadiyah Ajak Pejabat Negara Pelopori Pengamalan Pancasila

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Muhammadiyah Ajak Pejabat Negara Pelopori Pengamalan Pancasila

Sketsa MI
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

 

MUHAMMADIYAH menyepakati bahwa ideologi Pancasila merupakan landasan bernegara paling ideal dan harus dipegang teguh segenap anak bangsa. dia, para penyelenggara negara hendaknya lebih bersungguh-sungguh melaksanakan Pancasila.

"Tugas sejarah bangsa Indonesia adalah bagaimana menjaga dan melaksanakan Pancasila secara sungguh-sungguh dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua pihak hendaknya belajar dari pengalaman sejarah bahwa berbagai usaha merubah rumusan dasar negara Pancasila dan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 menimbulkan kekacauan politik yang merusak persatuan bangsa dan negara," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dalam Tausiyah Kebangsaan tentang Pancasila, dalam keterangan resmi, Senin (1/6).

Bahwa kepentingan mendesak dan prioritas bagi DPR, pemerintah, lembaga yudikatif, dan seluruh institusi negara dan rakyat saat ini ialah mewujudkan masyarakat Pancasila dengan menerjemahkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami masalah moral, sosial, dan ekonomi yang sangat serius terutama kesenjangan sosial yang semakin kasat mata.

Baca juga: KNPI Banyak Temukan Penyimpangan Bansos di Kabupaten Bogor

"Masalah tersebut bisa bertambah berat di tengah pandemi covid-19 yang sampai ini belum dapat di atasi dengan baik, bahkan akan menimbulkan dampak sosial-ekonomi yang sangat panjang. Masalah ini tidak boleh dipandang sebelah mata," katanya.

Karena itu, lanjut dia, para penyelenggara negara hendaknya lebih bersungguh-sungguh melaksanakan Pancasila, terutama sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Seluruh energi politik, ekonomi, sosial, intelektual, dan sumberdaya semestinya dikerahkan untuk mengimplementasikan Pancasila.

"Para elit politik dan pejabat negara hendaknya menjadi pelopor dalam mengamalkan Pancasila dan suri tauladan bagi rakyat dalam sikap, perbuatan, dan kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

medcom.id

Pelaku Usaha Ingin RUU Cipta Kerja Disahkan

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:45 WIB
Ketua Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan semangat RUU Cipta Kerja adalah memudahkan...
Dok Kejagung

Jaksa Segera Rampas Aset Buronan Honggo Wendratno

👤RO/Micom 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:24 WIB
Honggo Wendratno divonis 16 tahun dan membayar uang pengganti USD128...
MI/Soleh

Kuasa Hukum tak Tahu Djoko Tjandra Ganti Ejaan Nama

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:09 WIB
Kuasa hukum mengaku ejaan nama kliennya adalah Joko Soegiarto Tjandara. Nama yang didaftarkan dalam sidang PK di PN...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya