Senin 01 Juni 2020, 16:00 WIB

Pondok Pesantren di Sumenep Perpanjang Belajar di Rumah

Mohammad Ghazi | Humaniora
Pondok Pesantren di Sumenep Perpanjang Belajar di Rumah

ANT/SENO
Sejumlah santri calon penumpang antre memasuki KMP Dharma Bahari Sumekar III di area Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (4/4/20

 

SEJUMLAH pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menunda masa kembalian santri. Penundaan yang dilakukan karena pandemi Covid-19 itu tidak ditentukan batas waktunya. Santri masih belajar dari rumahnya masing-masing.

Diantara ponpes yang menunda masa kembali santri tersebut adalah Ponpes Al Amien Prenduan, Ponpes Annuqoayah Guluk-Guluk, Ponpes Al Haramain, Lenteng dan beberapa ponpes besar lainnya.

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim, mengatakan penundaan tersebut merupakan hasil koordinasi dengan pengasuh ponpes, Senin (1/6).

"Disepakati untuk menunda masa kembali santri. Sebagian pesantren memilih tidak melakukan penundaan, terutama ponpes dengan santri di bawah seribu namun dengan memberlakukan protokol khusus," kata Busyro.

Seharusnya, masa kembali santri antara 6 hingga 10 Juni. Namun disepakati ditunda hingga menunggu pemberitahuan lebih lanjut. Pihak pesantren, jelas dia, sudah menyebar pemberitahuan ke wali santri maupun alumni. Pemberitahuan disebar melalui pesan singkat maupun iklan radio.

Selain pesantren di Sumenep, beberapa peesantren lain di Jawa Timur juga menunda masa kembali santri. Sejumlah perwakilan pesantren Jawa Timur di Kabupaten Sumenep yang juga menyampaikan pengumuman penundaan tersebut antara lain Ponpes Nurul Jadid, Probolinggo, Ponpes Sidogiri, Pasuruan serta Ponpes Lirboyo dan Ploso, Kediri.

"Belum ada keputusan pasti, sampai kapan batas waktu penundaan ini," kata Mohammad Halili, Ketua Pembantu Pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid (P4NJ) perwakilan Sumenep. (OL-13)

Baca Juga: DPRD DKI Tuding Pemerintah Tidak Jelas dalam Pembukaan Sekolah

Baca Juga

ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA

Kimia Farma Sumbang Rp1 Miliar untuk RSCM

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 14 Juli 2020, 14:10 WIB
Sumbangan itu melalui BenihBaik.com, untuk pengadaan 20 sleeping pods bagi tenaga medis yang tidak bisa pulang ke rumah dan harus tinggal...
 MI/Susanto

Kasus Safe House di Lampung, KPPPA Evaluasi P2TP2A

👤Ihfa Firdausya 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:45 WIB
Salah satu hasil evaluasi ialah perubahan kelembagaan menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak atau UPTD PPA di...
123rf.com

Ini Istilah Baru Kasus Covid-19, Bukan ODP, PDP, dan OTG

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:45 WIB
Pemerintah memutuskan untuk mengganti penggunaan istilah ODP, PDP, dan OTG menjadi Kasus Suspek, Probable, Konfirmasi, Kontak Erat, Pelaku...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya