Senin 01 Juni 2020, 15:39 WIB

Disiplin Protokol Kesehatan, Muba Siap Jalani New Normal

Dwi Apriani | Nusantara
Disiplin Protokol Kesehatan, Muba Siap Jalani New Normal

MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel) menyatakan kesiapannya untuk menjalani new normal. Meski bukan masuk kategori wilayah hijau covid-19, namun Musi Banyuasin mengklaim kesadaran warganya untuk ikuti protokol kesehatan cukup tinggi.

Dalam apel gelar pasukan dalam rangka penegakkan protokol kesehatan kepada masyarakat di halaman Makodim 0401 Muba, Sekda Muba Apriyadi mengatakan, semua jajaran di Muba, baik Kodim, Polres Muba, dan sebagainya telah berupaya maksimal untuk mencegah dan menangani covid-19. Karena itulah, kesadaran masyarakat mengenai protokol kesehatan pun meningkat.

‘’Kita tidak bisa lagi hanya berdiam diri, semua aktivitas sudah harus mulai menghadapi penerapan new normal, dengan kuncinya wajib bagi seluruh warga Muba untuk mentaati protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari kedepannya,’’ terang Apriyadi, Senin (1/6).

Ia mengatakan semua terlibat langsung dalam satuan gugus tugas percepatan penanganan dan pencegahan covid-19 khususnya dalam rangka penegakan disiplin dan penerapan protokol kesehatan di lokasi-lokasi fasilitas umum baik milik pemerintah maupun fasilitas-fasilitas umum non pemerintah menuju kehidupan new normal kedepanya yang akan kita hadapi dan jalani secara bersama sama.

‘’Mulai kedepan secara bertahap dan berkesinambungan akan mulai kita terapkan, dan akan mulai kita berikan kesempatan masyarakat dan dunia usaha untuk melakukan aktivitas, akan tetapi dengan memenuhi persyaratan-persyaratan yakni protokol kesehatan dengan ketat,’’ kata dia.

Baca juga : Balita di Jember Positif Covid-19

Kuncinya, lanjut dia, dengan meningkatkan disiplin dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, penerapan sosial distancing/physical distancing (jaga jarak minimal 1-2 meter), cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan tentunya wajib bermasker saat beraktivitas diluar rumah, terutama di fasilitas-fasilitas umum.

‘’Sasaran utama kita dalam hal penegakan disiplin protokol kesehatan ini ada pada fasilitas layanan publik dan pada pasar-pasar milik pemerintah daerah yang melakukan aktivitas setiap hari angkutan kendaraan umum, rumah ibadah, dan sekolah serta lokasi lainnya yang wajib kita antisipisai bersama selain itu fasilitas-fasiltas pendukung seperti tempat cuci tangan dan atau hand sanitizer, petugas mengecek suhu tubuh dan lainnya wajib disediakan sesuai aturan protokol kesehatan,’’ jelasnya.

Ia menyebutkan di Muba sudah ada enam pasar yang akan diterapkan protocol kesehatan dan diterapkan penegakan disiplin. Yakni Pasar Randik, Pasar Perjuangan, Pasar Sungai Lilin, Pasar Babat Toman, Pasar Mangun Jaya, dan Pasar Bayung Lincir. Direncanakan pasar lain juga akan diterapkan hal serupa.

‘’Dengan masih adanya pandemi covid-19 tentunya ini awal baru. Kita harus membudayakan hidup bersih dan sehat untuk selamanya masa pandemi ini, pelaksaanan new normal dapat diterapkan di tempat-tempat umum khususnya seluruh pasar tempat interaksi antar pedagang dan pembeli  wajib disipilin melaksanakan sosial/physical distancing, wajib menggunakan masker tumbuh dari kesadaran kita semua dan satuan gugus tugas akan berkolaborasi bersama melakuka. pengawasan baik dari  Pemkab Muba, TNI dan Polri,’’ pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.

Hakim Pengadilan Negeri Bandung Tolak Eksepsi Sunda Empire

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:40 WIB
Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat meminta agar majelis hakim menolak nota keberatan kuasa hukum Sunda...
Antara/Makna Zaezar

Stok Darah di Banjarmasin Kosong

👤Denny Susanto 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:30 WIB
Palang Merah Indonesia Kota Banjarmasin melaporkan kondisi stok darah yang mengalami kekosongan sejak beberapa waktu...
 ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.

Polda NTB Belasungkawa atas Meninggalnya Penganiaya Ipda Uji

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:14 WIB
Dijelaskan kembali bahwa almarhum Syamsul Hidayat menghembuskan napas terakhirnya saat sedang menjalani perawatan intensif dari tenaga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya