Senin 01 Juni 2020, 15:30 WIB

DPRD DKI Tuding Pemerintah Tidak Jelas dalam Pembukaan Sekolah

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DPRD DKI Tuding Pemerintah Tidak Jelas dalam Pembukaan Sekolah

Antara/Yulius Satria Wijaya
Siswa kelas 3 Sekolah Dasar mengikuti kegiatan belajar mengajar di rumah melalui siaran televisi TVRI di Depok (14/4/2020)

 

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menyebut tidak ada ketegasan dari pemerintah perihal pembukaan sekolah untuk ajaran baru 2020-2021. Menurutnya, kondisi psikis para siswa sudah mengkhawatirkan lantara terlalu lama tidak bersekolah.

"Anak-anak sudah stres. Perkembangan emosional dan sosialnya terganggu. Saya pendidik, tidak tahan rasanya lihat mereka tercabut dari dunia (sekolah)," kata Zita dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (1/6).

Zita menuding baik pemerintah pusat dan daerah tidak punya rencana yang jelas soal pembukaan sekolah kembali yang ditutup selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pemerintah, katanya, harus bertanggung jawab memberikan ketenangan.

"Situasi tidak pasti. Yang dibutuhkan warga adalah kejelasan," tukasnya.

Baca juga: Soal Kepastian Buka, Pengelola Mal Tunggu Ketetapan Pemerintah

Menurut Zita, kalau kasus covid-19 sudah turun dari 1.000 ke 600 per hari, mal kita buka. "Kalau sudah turun dari 600 ke 300, sekolah kita buka. Kalau naik lagi, sekolah kita tutup lagi. Jadi, kita punya harapan dan ukuran. Tidak seperti sekarang, digantung," tegas putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ini.

Langkah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pun dipertanyakan soal kesiapan kementerian dalam menyiapkan kurikulum belajar online atau daring. Lalu, prosedur penyelenggaraan pendidikan new normal masih belum disampaikan.

"Infrastrukturnya perlu. Misalnya wastafel yang jumlahnya memadai. Random test bisa dilakukan per dua minggu. Kalau ini siap, besok juga bisa buka sekolah. Kalau tidak disiapkan, Desember juga masih berisiko," tandas Zita. (OL-14)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Angka Kecelakaan Lalu Lintas Menurun 0,26 Persen

👤Yakub Pryatama 🕔Selasa 14 Juli 2020, 09:55 WIB
Data kecelakaan lalu lintas dari pekan ke-27 ke pekan 28 mengalami penurun tiga...
ANTARA FOTO/Feny Selly

Dinkes: 5,5% Pedagang Pasar di Jakarta Positif Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 14 Juli 2020, 09:54 WIB
Berdasarkan catatan Dinkes DKI hingga Senin (13/7) kemarin, 5,5% dari total sekitar 9.000 pedagang pasar positif...
ANTARA FOTO/R Rekotomo

Soal Gugatan Hak Waris, Ini Tanggapan Manajemen Grup Sinarmas

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 14 Juli 2020, 09:19 WIB
Dikarenakan almarhum Eka Tjipta tak memiliki saham pada perusahaan yang digugat Freddy Widjaja, maka gugatan tersebut tidak memiliki dasar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya