Senin 01 Juni 2020, 15:30 WIB

10 TKI dari Qatar dan Malaysia Tiba di NTT

Palce Amalo | Nusantara
10 TKI dari Qatar dan Malaysia Tiba di NTT

MI/Palce Amalo
Sebanyak 10 TKI pulang dari Qatar dan Malaysia ke Nusa Tenggara Timur.

 

SEBANYAK 10 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tiba dengan Pesawat Lion Air di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (1/6).

Di antaranya dua orang asal Ende pulang dari Qatar, dan sisanya dari Malaysia termasuk pasangan suami-istri bersama seorang bayi asal Pulau Sumba.

Selain itu, empat orang asal Kabupaten Belu, satu orang asal Timor Tengah Selatan dan satu orang asal Kupang.

Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) NTT, Siwi mengatakan seluruh TKI membawa surat bebas covid-19. Namun tetap menjalani pemeriksaan suhu tubuh oleh kantor kesehatan pelabuhan (KKP) bandara dan telah diberikan kartu kewaspadaan kesehatan (HAC).

Selanjutnya, seluruh TKI dibawa ke Kantor BP3TKI untuk menjalani wawancara dan pemeriksaan surat-surat. Adapun TKI asal Kupang langsung dijemput pemerintah daerah setempat, sedangkan TKI asal Timor Tengah Selatan dan Belu diantar petugas BP3TKI. "Untuk pemeriksaan rapid test atau karantina terpusat dilakukan oleh kabupaten," kata Siwi.

Sedangkan TKI yang masih ada di Kupang, tambah Siwi berasal dari Ende dan Sumba, akan menjalani rapid test sambil menunggu jadwal penerbangan kembali ke daerah masing-masing. Selama di Kupang, para TKI tersebut ditampung di Kantor BP3TKI di Kelurahan Kayu Putih.

Menurutnya, gelombang pemulangan TKI sudah berlangsung beberapa kali melalui Bandara El Tari Kupang. Total TKI yang sudah tiba di NTT sebanyak 40 orang.

Robertus Mali, TKI asal Belu mengaku berangkat ke Malaysia secara ilegal sejak 2018 dan menjalani karantina selama 14 hari di Kalimantan sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta dan kembali ke Kupang setelah penerbangan kembali beroperasi. "Saya pulang karena tidak bekerja lagi," ujarnya. (OL-13)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Warga Balikpapan Minta Bantuan Sembako Diganti Uang

👤Rudi Agung 🕔Rabu 08 Juli 2020, 07:31 WIB
Hasil temuan anggota DPRD Kota Balikpapan bahwa masyarakat penerima bansos sembako meminta agar bansos sembako diganti uang karena lebih...
MI/Adam Dwi

Dua PDP Covid-19 di Kaltim Meninggal Dunia

👤Rudi Agung 🕔Rabu 08 Juli 2020, 06:58 WIB
Dua pasien dalam pengawasan di Kalimantan Timur meninggal dunia. Keduanya memiliki penyakit bawaan dan terinfeksi...
MI/Dwi Apriani

Gugus Tugas Sumsel Tegaskan PSBB Palembang Wewenang Wali Kota

👤Antara 🕔Rabu 08 Juli 2020, 06:06 WIB
Pemkot Palembang telah menyatakan tetap menjalankan tahapan disiplin protokol kesehatan era normal baru untuk memulihkan kembali...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya