Senin 01 Juni 2020, 15:11 WIB

Jepang Pertimbangkan Izin Masuk Bagi Warga Asing

mediaindonesia.com | Internasional
Jepang Pertimbangkan Izin Masuk Bagi Warga Asing

AFP/Kazuhiro Nogi
Pelajar di Jepang mulai beraktivitas normal dengan tetap mengenakan masker.

 

JEPANG sedang mempertimbangkan untuk membuka kembali pintu perbatasan bagi warga asing dari negara yang memiliki tingkat kasus covid-19 rendah.

Seperti diketahui, negara itu mulai melonggarkan sejumlah pembatasan yang diberlakukan awal tahun untuk mengendalikan penyebaran covid-19. Fasilitas sekolah, bioskop, klub olahraga dan pertokoan di Ibu Kota Negara, Tokyo, sudah dibuka kembali.

Baca juga: Jepang Cabut Status Darurat Covid-19

Pada Senin (1/6), media lokal melaporkan pemerintah Jepang juga berencana mengizinkan wisatawan dari Thailand, Vietnam, Australia dan Selandia Baru, untuk berkunjung ke negara itu dalam beberapa bulan mendatang. Namun, belum ada pernyataan resmi dari Kementerian Luar Negeri Jepang terkait kabar tersebut.

Kasus covid-19 di Jepang hingga saat ini mencapai 17.000 orang, dengan sekitar 900 kasus kematian. Sejak Februari, Jepang melarang kedatangan wisatawan asing untuk membatasi penyebaran covid-19 dari negara luar.

Pemerintah Jepang mempertimbangkan izin bagi pelancong dari empat negara dengan tujuan bisnis. Dengan catatan, hasil tes dinyatakan negatif covid-19. Adapun tes dilakukan dua tahap, yakni saat keberangkatan dari negara asal dan saat tiba di Jepang.

Baca juga: Menyusut, Populasi Jepang Capai Rekor Terendah

Setelah diizinkan masuk ke Jepang, pergerakan warga asing akan dibatas di sejumlah area, yaitu tempat tinggal, perusahaan dan pabrik. Penggunaan transportasi umum juga akan dilarang.

Jepang bersama Thailand, Vietnam, Australia dan Selandia Baru adalah anggota Kemitraan Trans-Pasifik (TPP), yang memiliki ikatan perdagangan kuat. Berdasarkan data WHO, Asia Tenggara berkontribusi 4,4% terhadap kasus covid-19 global. Angka itu lebih rendah daripada Amerika Serikat (AS) dan Eropa, yang berkontribusi hingga 40%.(Ant/OL-11)

 

Baca Juga

Biju BORO / AFP

Sungai Brahmaputra Meluap, 77 Orang Tewas di Assam, India

👤Deri Dahuri 🕔Rabu 15 Juli 2020, 13:16 WIB
Negara tetangga India lainnya, Nepal, juga dilanda bencana banjir. Hujan deras yang memicu banjir dan tanah longsor telah menelan korban...
AFP/	OLIVIER DOULIERY

Berbeda dengan Trump, Biden Fokus pada Proposal Perubahan Iklim

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 15 Juli 2020, 13:00 WIB
Biden beralasan fokus pada perubahan iklim akan mendukung terciptanya lapangan pekerjaan besar-besaran di bawah...
STR / AFP

Banjir Besar Landa Wilayah Tiongkok, Lebih dari 140 Orang Tewas

👤Deri Dahuri 🕔Rabu 15 Juli 2020, 12:04 WIB
Banjir di Tiongkok kali ini disebutkan sebagai bencana banjir terburuk dalam lebih dari 30 tahun terakhir. Masyarakat di sejumlah Tiongkok...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya