Senin 01 Juni 2020, 11:45 WIB

MPR: Amalkan Nilai-nilai Pancasila Percepat Penanggulangan Korona

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
MPR: Amalkan Nilai-nilai Pancasila Percepat Penanggulangan Korona

MI/BARRY FATHAHILLAH
Warga melihat mural tiga Bapak Bangsa Soekarno, Moh Hatta, Syahril dan lima butir-butir Pancasila di Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta

 

WAKIL Ketua MPR Jazilul Fawaid mendorong seluruh anak bangsa mengamalkan nilai-nilai Pancasila disetiap sendi kehidupan. 

Tidak terkecuali dalam penanggulangan virus korona atau covid-19 dengan mengusung semangat persatuan dan gotong-royong.

"Seluruh anak bangsa baik penyelenggara negara maupun masyarakat perlu mengamalkan nilai-nilai pancasila. Termasuk dalam menanggulangi pandemi ini. Kita semua harus bersatu, bergotong-royong dalam mengatasinya," paparnya kepada Media Indonesia, Senin (1/6).

Menurut dia, nilai-nilai Pancasila seyogyanya membumi disetiap sendi kehidupan. Ideologi bangsa harus menjadi landasan berpikir dan bertindak bagi penyelenggara hingga masyarakat umum.

Pasalnya, lanjut dia, Pancasila merupakan jalan hidup dan pedoman bangsa yang bhineka ini dalam mencapai seluruh tujuan bernegara. Termasuk dalam menghadapi berbagai tantangan, seperti halnya pandemi virus korona.

Baca juga: Pesan Jokowi di Hari Pancasila: Pandemi Menguji Daya Juang Bangsa

Hari Lahir Pancasila, 1 Juni sedang diperingati disemua pelosok negeri dengan cara masing-masing harus menjadi momentum pengamalan nilai-nilainya. Gotong-royong pun akan mencuat yang melahirkan kekuatan besar untuk bersama-sama melalui cobaan pandemi virus ini dengan mudah.

"Pancasila sebagai jalan hidup, termasuk dengan menjalaninya pada era pandemi. Marilah kita mengamalkannya seperti dengan bergotong-royong supaya mempermudah dalam menghadapinya," ujarnya.

Selain dapat mempermudah penanggulangan pandemi covid-19, kata dia, pengamalan atas kesepakatan para tokoh pendiri bangsa ini juga bisa menekan berbagai prilaku menyimpang. "Bila Pancasila diamalkan saya yakin tidak akan ada yang berani menyimpangkan sekecil apapun anggaran penanggulangan virus," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Istana: Pidato Presiden Wujud Pelaksaan UUD

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:51 WIB
Pidato Presiden pada dasarnya adalah wujud pelaksanaan sumpah jabatan Presiden untuk menjalankan Pancasila, Mukadimah UUD 1945 dan Batang...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pengamat Sebut Pidato Presiden Memberi Semangat pada Masyarakat

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:42 WIB
Pangi mengatakan, secara keseluruhan isi pidato tersebut sangat menginspirasi dan memberikan semangat kepada semua unsur...
DOK DPR RI

Sektor Pendidikan Tak Tersentuh Anggaran Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:00 WIB
Dari Rp405,1 triliun anggaran penanggulangan Covid-19, tak ada alokasi untuk sektor pendidikan. Padahal, sektor pendidikan mendapat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya