Senin 01 Juni 2020, 08:34 WIB

Kampung Tangguh Semeru Tulungagung Dilengkapi Pospol Digital

RO/Micom | Nusantara
Kampung Tangguh Semeru Tulungagung Dilengkapi Pospol Digital

dok polda jatim
Dirlantas Polda Jatim Kombes Budi Indra Dermawan meninjau fasilitas Kampung Tangguh Semeru di Desa Bolorejo, Kauman, Tulungagung.

 

DIREKTUR Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Budi Indra Dermawan bersama jajarannya mengunjungi Kampung Tangguh Semeru di Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (31/5).

Dirlantas memantau langsung program yang dicanangkan Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran ini. Ia melihat langsung penyemprotan cairan disinfektan pada setiap kendaraan yang masuk kampung, pengecekan suhu tubuh setiap warga yang masuk kampung dengan alat thermo gun, fasilitas cuci tangan bagi warga yang masuk kampung, peragaan 12 gerakan lantas oleh Linmas, penyediaan dapur umum.

Selain itu, Kombes Pol. Budi juga mengecek beberapa fasilitas umum seperti ruang karantina mandiri, dapur umum, lumbung pangan hingga bank sampah yang dimodifikasi jadi pembibitan lele. Dia juga mengecek kesiapan mobil ambulans dan pasukan pemulasaran jenazah sesuai protokol covid-19. Dalam kesempatan ini, Dirlantas juga menyerahkan bantuan masker dan hand sanitizer.

Selain meninjau sejumlah fasilitas umum, Dirlantas juga meresmikan Pos Digital Astuti (Agunge Sikap Tulung Tinulung).

“Ini satu-satunya Kampung Tangguh yang memiliki Pos Digital Astuti di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Keberadaan Pos Digital Astuti ini memudahkan interaksi masyarakat dengan Polri. Mudah-mudahan terbentuknya Kampung Tangguh ini dapat menjadi contoh bagi kampung yang lain dalam pencegahan penyebaran covid-19,” paparnya.

Usai melakukan pemeriksaan, Budi mengapresiasi keberadaan Kampung Tangguh Semeru di Desa Bolorejo. Dia berharap masyarakat mendukung keberadaan Kampung Tangguh guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan cara menaati protokol kesehatan menghadapi tatanan kenormalan baru (new normal).

Menurut dia, Kampung Tangguh Semeru merupakan program yang dicanangkan Kapolda Jatim guna memutus mata rantai penyebarang covid-19. Program yang melibatkan peran aktif masyarakat dan instansi terkait ini sudah dijalankan di sejumlah kabupaten di Jawa Timur.

Untuk meningkatkan sistem keamanan kampung, Polri juga mendirikan Pos Digital Astuti di lokasi Kampung Tangguh Semeru. Di Pos Digital ini, warga dapat berkonsultasi interaktif dengan petugas Command Cetnre Polres Tulungagung selama 24 jam.

Selain itu, juga disediakan panic button. “Kejadian kontinjensi yang tidak dapat ditangani oleh masyarakat, segera tekan tombol tersebut dan sampaikan kendala yang dihadapi. Polisi akan langsung datang ke lokasi dalam waktu kurang dari 5 menit,” katanya.

Kapolres Tulungagung AKB Eva Guna Pandia memaparkan mekanisme dan langkah-langkah strategis pencegahan penyebaran covid-19 di Kampung Tangguh Semeru. Menurut dia, setiap warga yang masuk ke kawasan Kampung Tangguh wajib menaati protokol kesehatan. Di antaranya, pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan kendaraan dengan cairan disinfektan, mengenakan masker serta penerapan social distancing dan physical distancing.

“Khusus di Tulungagung, setiap kecamatan minimal ada dua desa yang kita buat Kampung Tangguh Semeru. Kedepannya kita akan upayakan minimal ada lima Kampung Tangguh Semeru di setiap kecamatan, sehingga benar-benar mampu menekan penyebaran COVID-19, khususnya di Kabupaten Tulungagung,” paparnya. (J-1)

Baca Juga

MI/Kristiadi

Dua Sungai Dangkal, Tasikmalaya dan Ciamis Diminta Proaktif

👤Kristiadi 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:36 WIB
Banjir tahunan terjadi karena Sungai Citanduy dan Cikidang mengalami...
Dokumentasi : Medcom.id

Positif Covid-19 di Sulteng Bertambah Empat Kasus

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:30 WIB
Total kasus kumulatif penderita korona di Sulteng, kini berjumlah 220...
Antara

Sambut HUT RI, Pelindo 1 Tanam 2.020 Bibit Mangrove

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:00 WIB
Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan ini Pelindo 1 melakukan rangkaian program CSR (Corporate Social Rensposibility) dengan tema...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya